Penerapan Modul Berbasis Komik Pada Kompetensi Dasar Membuat Roti di SMK Negeri 3 Kediri Sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa

Main Article Content

LUSI EFINA MARISAHAB

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan aktivitas guru, aktivitas siswa, hasil belajar kognitif siswa dan respon siswa dengan penerapan modul berbasis komik pada Kompetensi Dasar Membuat Roti dan di;akukan dalam dua kali pertemuan. Penelitian ini merupakan penelitian preeksperimental dengan “The One Group Pretest-Posttest Design” yang diterapkan pada siswa kelas XI Jasa Boga SMKN 3 Kediri. Teknik pengambilan data menggunakan metode observasi, test dan angket. Teknik analisis data menggunakan uji-t statistik dan persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; 1). Aktivitas guru dalam penerapan modul berbasis komik pada kompetensi dasar membuat roti di SMK Negeri 3 Kediri pada pertemuan pertama mmendapatkan hasil rata-rata 3,4 dengan kriteria baik dan pada pertemuan kedua mendapat rata-rata 3,45 dengan kriteria baik.; 2). Aktivitas siswa dalam penerapan modul berbasis komik pada kompetensi dasar membuat roti di SMK Negeri 3 Kediri pada pertemuan pertama mendapatkan hasil rata-rata 3.06 dengan kriteria baik dan pada pertemuan kedua mendapatakan hasil rata-rata 3.14 dengan kriteria baik; 3). Hasil belajar siswa menunjukkan peningkatan pembelajaran menggunakan modul berbasis komik pada kompetensi dasar membuat roti dengan nilai skor rata-rata pre test 76 dan 89 pada hasil post test. 4) Respon siswa terhadap penerapan modul berbasis komik memiliki rata-rata 94.3% dengan kriteria sangat layak. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah terdapat pengaruh penerapan modul berbasis komik pada kompetensi dasar membuat roti terhadap hasil belajar siswa kelas XI Jasa Boga di SMKN 3 Kediri.

Article Details

Section
Articles