HUBUNGAN PENGETAHUAN DIET DAN MOTIVASI DIRI DENGAN KEPATUHAN DIET PADA REMAJA PENYANDANG DIABETES MELITUS DI SURABAYA

Main Article Content

WAHYU SANTI RAMADHANI

Abstract

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) hubungan pengetahuan dengan kepatuhan diet DM, (2) hubungan motivasi diri dengan kepatuhan diet DM, (3) hubungan pengetahuan dengan motivasi diri diet DM di Surabaya.

Metode penelitian ini adalah deskriptif analitik korelasional dengan pendekatan non parametrik. Subyek penelitian dalam penelitian ini adalah remaja diabetes yang bertempat tinggal di daerah Surabaya berjumlah 7 orang. Pengambilan data dilakukan dengan purposive dan snowball sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan kuisioner kemudian dianalisis dengan uji statistik program SPSS Spearman’s rho Correlation.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) tidak ada hubungan pengetahuan dengan kepatuhan diet DM dengan nilai signifikansi r(7) = -0,09; p=0,846; p>0,05; artinya tidak selalu orang yang memiliki pengetahuan yang baik akan patuh terhadap diet, kadang patuh dan kadang tidak; (2) tidak ada hubungan motivasi diri dengan kepatuhan diet DM dengan nilai signifikansi r(7) = 0,074; p=0,876; p>0,05; artinya tidak selalu orang yang memiliki motivasi yang baik memiliki kepatuhan diet (3) tidak ada hubungan pengetahuan dengan motivasi diri DM dengan nilai signifikansi r(7)= -0,6; p=0,135; p>0,05; artinya tidak selalu orang yang memiliki pengetahuan yang baik akan memiliki motivasi yang baik dan sesuai dengan kondisi sebenarnya

Kata Kunci: Diabetes Melitus, Pengetahuan, Motivasi Diri, Kepatuhan Diet.

Abstract

The purpose of this study was to find out the (1) relationship between knowledge with DM dietary adherence, (2) relationship between self-motivation and DM dietary compliance, (3) relationship between knowledge and DM self-motivation in Surabaya.

This type of research is descriptive quantitative analytical correlational with a non-parametric approach. The study of subject in research is adolescent reside in Surabaya amount 7 young people. Data collection was done by purposive and snowball sampling, data collection techniques using questionnaires were then analyzed by SPSS statistical test program Spearmans rho Correlation.

The results showed that (1) there was no relationship between knowledge with adherence to the DM diet with a significance value of r(7) = -0.09; p = 0.846; p> 0.05; meaning that not always the people who have good knowladge will adhere to diet, sometimes obedient and not. (2) there is no correlation between self motivation and adherence to the DM diet with a significance value of r(7) = 0.074; p = 0.876; p> 0.05; meaning that not always the people who have good motivation have dietary compliance. (3) there is no correlation between knowledge and DM self-motivation with a significance value of r(7)= -0.6; p = 0.135; p> 0.05 meaning that not always the people who have good knowladge will have good motivation and according to the actual conditions.

Keywords: Diabetes Mellitus, Knowledge, Diet Compliance, Motivation






Article Details

Section
Articles