Hubungan Kondisi Higiene Sanitasi Dan Sikap Konsumen Terhadap Pembelian Makanan Jajanan Di Pasar Tradisional Pakis Surabaya

Main Article Content

SOFI YAHRU NAJIYAH

Abstract

ABSTRAK

Makanan jajanan siap saji yang disediakan oleh para Pedagang Kaki Lima (PKL), dituntut untuk diproses dan dijual dengan cepat, sebagian pedagang kurang memperdulikan kondisi higiene sanitasi makanan jajanan hal ini dapat menimbulkan gangguan kesehatan pada konsumen. Kondisi higiene sanitasi akan mempengaruhi sikap konsumen terhadap pembelian makanan dan jajanan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kondisi higine sanitasi dan sikap konsumen terhadap pembelian makanan jajanan. Penelitian ini dilakukan di Pasar Tradisional Pakis Surabaya. Sampel pada penelitian ini adalah konsumen berjenis kelamin laki-laki dan perempuan dengan usia minimal 15 tahun. Data diperoleh dari hasil observasi, angket dan dokumentasi. Dikarenakan ada data yang tidak berdistribusi normal maka digunakan korealasi spearman.Hasil penelitian menunjukkan terdapat hubungan yang positif (searah) antara kondisi higiene sanitasi dan sikap konsumen terhadap pembelian makanan jajanan. Hal ini menunjukkan semakin baik higiene sanitasi pedagang, maka cenderung dapat meningkatkan sikap konsumen pada pembelian makanan jajanan di PKL Pasar Tradisional Pakis Surabaya.

Kata kunci: Higiene, Sanitasi, Sikap Konsumen, Makanan Jajanan, Pasar Tradisional.

ABSTRACT

Instant food provided by the vendors are required to be processed and sold quickly, some traders less care about hygiene and sanitation conditions of food this can cause health problems to consumers. Sanitary hygienic conditions will affect consumer attitudes toward the purchase of food and snacks. This study to find out the relationship about higine sanitation conditions and attitudes of consumers towards the purchase of street food. This research was conducted in Traditional Market Pakis Surabaya. Samples are consumer female and male with a minimum age of 15 years. Data obtained from the results of observations, questionnaires and documentation. Due to insufficient data are normally distributed then used correlation spearman.The results showed a positive relationship (unidirectional) between hygiene and sanitation conditions and consumer attitudes toward the purchase of street food. This shows the better hygiene and sanitation merchant, then tend to improve consumers attitude towards the purchase of street food in the traditional market street Pakis Surabaya.

Keywords: Hygiene, Sanitation, Consumer Attitudes, Snacks Food, Traditional Market.

Article Details

Section
Articles