PENERAPAN PROGRAM PEMBELAJARAN INDIVIDUAL DENGAN PENDEKATAN TUTOR SEBAYA PADA KOMPETENSI DASAR MENERAPKAN LIPATAN DAUN DAN ALAS HIDANGAN UNTUK SISWA LAMBAN BELAJAR DI SMKN 8 SURABAYA

Main Article Content

TRI WAHYUNI INDAH PERMATA
RAHAYU DEWI SOEYONO

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana penerapan program pembelajaran individual dengan pendekatan tutor sebaya untuk meningkatkan hasil belajar siswa, serta untuk mengetahui aktivitas guru, aktivitas siswa, dan respon siswa pada kompetensi dasar menerapkan lipatan daun dan alas hidangan. Subyek penelitian adalah siswa lamban belajar kelas X Jasa Boga 2 di SMK Negeri 8 Surabaya. Penelitian ini menggunakan quasi experimental design dengan menggunakan desain pre-test dan post-test group.

Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, tes (pre-test dan post-test), angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis data statistik non parametrik, yaitu mann whitney test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada penerapan program pembelajaran individual dengan pendekatan tutor sebaya dibagi menjadi tiga tahap, yaitu tahap persiapan, pelaksanaan, dan tahap analisis. Tahap persiapan meliputi penyusunan perangkat pembelajaran dan telah melewati uji validasi dengan skor rata-rata 84% untuk rencana perangkat pembelajaran, sebesar 80% untuk silabus, sebesar 79% untuk handout, sebesar 77% untuk lembar kerja siswa, dan soal pre-test dan post-test. Skor rata-rata dari setiap perangkat pembelajaran menunjukkan kategori yang baik dan sangat baik.

Pada tahap pelaksanaan dan analisis menunjukkan hasil bahwa pada hasil belajar dalam penerapan program pembelajaran individual dengan pendekatan tutor sebaya mendapat nilai rata-rata 77 yang telah melewati batas ketuntasan. Aktivitas guru selama pembelajaran mendapat persentase sebesar 89% yang masuk dalam kategori sangat baik, aktivitas siswa mendapat persentase sebesar 95,8% yang juga masuk dalam kategori sangat baik, serta respon siswa mendapat persentase sebesar 83% yang masuk dalam kategori baik.

Kata Kunci : program pembelajaran individu, pendekatan tutor sebaya, hasil belajar, siswa lamban belajar.

Abstract

This study aims to describe how the application of individual learning programs with peer tutoring approaches to improve student learning outcomes, and to find out teacher activities, student activities, and student responses to the basic competencies of applying leaf folds and dishes. The subjects of the study were slow learner students of grade cullinary service 2 at SMK Negeri 8 Surabaya. This research uses quasi experimental design using a pre-test and post-test group design.

Data collection techniques use the method of observation, tests (pre-test and post-test), questionnaires, and documentation. The data analysis technique used non parametric statistical data analysis, namely Mann Whitney test. The results of the study show that the application of individual learning programs with peer tutoring approaches is divided into three stages, namely the stages of preparation, implementation, and analysis. The preparation phase includes the preparation of learning devices and has passed the validation test with an average score of 84% for the learning device plan , 80% for syllabus, 79% for handouts, 77% for student worksheets and pre-test and post-test questions. The average score of each learning device shows good and very good categories.

At implementation and analysis shows the results that the learning outcomes in the application of individual learning programs with peer tutors approach gets an average value of 77 which has exceeded the completeness limit. Teacher activity during learning gets a percentage of 89% which falls into the very good category, student activities get a percentage of 95.8% which also falls into the very good category, and student responses get a percentage of 83% which falls into the good category.

Keywords: Individual Learning Program, Peer Tutors, Learning Outcomes, Slow Learner


Article Details

Section
Articles