Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Guided Inquiry pada Pembelajaran Kompetensi Dasar Menerapkan Pencucian dan Penyimpanan Peralatan di SMKN 2 Jombang

Main Article Content

TRIMA IRAWANTO

Abstract

Abstrak

Model pembelajaran Guided Inquiry adalah model pembelajaran yang mengedepankan penyelidikan secara sistematis yang dilakukan siswa untuk memecahkan suatu masalah yang dihadapi dengan mencari jawaban sendiri. Model Pembelajaran Guided Inquiry adalah model pembelajaran yang sesuai dengan pendekatan saintifik yang direkomendasikan oleh kurikulum 2013 yang diharapkan mampu untuk mengatasi permasalahan pembelajaran di SMKN 2 Jombang. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh deskripsi tentang: (1) keterlaksanaan penerapan model pembelajaran Guided Inquiry kompetensi pada pembelajaran KD Menerapkan Pencucian dan Penyimpanan Peralatan di SMKN 2 Jombang; (2) pengaruh penerapan model pembelajaran Guided Inquiry terhadap hasil belajar kompetensi dasar Menerapkan Pencucian dan Penyimpanan Peralatan siswa SMKN 2 Jombang; dan (3) respon siswa terhadap penerapan model pembelajaran Guided Inquiry pada pembelajaran KD Menerapkan Pencucian dan Penyimpanan Peralatan di SMKN 2 Jombang.

Jenis Penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan desain “two group pretest-posttest design”. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas X JB 1 Program Keahlian Jasa Boga di SMK Negeri 2 Jombang. Kelas ini dipilih untuk mewakili kelas eksperimen sedangkan untuk kelas kontrol adalah kelas X JB 4 Keahlian Jasa Boga. Teknik pengambilan data menggunakan metode observasi, metode test dan angket respon siswa. Teknik analisis data menggunakan Skala Guttman, dan Uji statistik Independent T Test dan Skala Likert.

Hasil analisis data penelitian menunjukkan bahwa: (1) keterlaksanaan model pembelajaran Guided Inquiry memperoleh rata-rata presentasi 100% (sangat baik); (2) hasil belajar kognitif siswa kelas X JB 1 SMKN 2 Jombang pada kelompok eksperimen mendapatkan rata-rata nilai 82,32 yang secara signifikan lebih tinggi dari kelompok kontrol yang mendapat rata-rata nilai sebesar 72,5, sehingga disimpulkan terdapat pengaruh yang siginifikan penggunaan Model Pembelajaran Guided Inquiry;dan (3) penggunaan model pembelajaran Guided Inquiry mendapatkan respon siswa sebesar 95,43 % yang termasuk sangat baik.

Kata kunci: Guided Inquiry, keterlaksanaan pembelajaran, hasil belajar, respon siswa

Article Details

Section
Articles