Pengaruh Pola Asuh Makan Ibu pada Status Gizi Anak Prasekolah

Main Article Content

FATMAWATI

Abstract

Pola asuh makan ibu adalah praktik-praktik pengasuhan yang diterapkan ibu kepada anaknya, meliputi cara dan sikap ibu dalam menyediakan makanan yang berdampak pada status gizi anak prasekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1)Pola asuh makan ibu; (2)Status gizi anak prasekolah; (3)Pengaruh pola asuh makan ibu pada status gizi anak prasekolah.

Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan pendekatan Expost Facto dilakukan melalui pengambilan sample berjumlah 65 ibu yang memiliki anak usia prasekolah, dengan menggunakan metode stratified random Sampling. Sedangkan instrument penelitian menggunakan kuisioner berupa angket tertutup dan dokumentasi, yang kemudian dilakukan analisis data menggunakan regresi linier berganda.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1)Pola asuh makan ibu dinyatakan baik; (2)Status gizi anak prasekolah dinyatakan normal; (3)Adapun pengaruh pola asuh makan ibu pada status gizi dinyatakan berpengaruh karena pola asuh makan dan pengetahuan gizi ibu sama-sama memiliki peran terhadap status gizi anak prasekolah dengan kata lain pengetahuan gizi yang baik tanpa dibarengi pola asuh makan secara maksimal tidak akan menghasilkan status gizi baik pada anak usia prasekolah. Penelitian ini mengindikasikan bahwa selain dipengaruhi oleh individu anak, ibu dan keluarga, lingkungan sekolah juga ikut berperan dalam menentukan status gizi anak prasekolah.

Kata kunci: Pola asuh makan, Status gizi, Prasekolah

Article Details

Section
Articles