HUBUNGAN POLA ASUH MAKAN BALITA, ALOKASI WAKTU IBU, DENGAN POLA KONSUMSI MAKAN PADA KELUARGA DI DESA BALONGDOWO KABUPATEN SIDOARJO

Main Article Content

RISKA APRILIA KUSUMAWATI
MEDA WAHINI

Abstract

Abstrak

Pola konsumsi makan keluarga merupakan kebiasaan makan keluarga yang dilihat dari jumlah dan jenis makanan yang dimakan setiap hari. Pola konsumsi makan dapat dikatakan baik dengan melihat bagaimana pola asuh makan yang diterapkan oleh ibu pada anak dan keluarga serta pengalokasian waktu ibu dalam sehari untuk pemenuhan kebutuhan makan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui; 1) bagaimana pola asuh makan balita; 2) bagaimana alokasi waktu ibu; 3) bagaimana pola konsumsi makan; 4) hubungan pola asuh makan keluarga dengan pola konsumsi makan; dan 5) hubungan alokasi waktu ibu dengan pola konsumsi makan keluarga.

Penelitian ini merupakan penelitian cross sectional, yang dilakukan pada keluarga di Desa Balongdowo Kecamatan Candi Kabupaten Sidoarjo. Populasi penelitian ialah keluarga dengan memiliki anak usia balita 2-4 tahun, dengan sampel berjumlah 63 kepala keluarga. Data diperoleh dengan bantuan kuisioner. Analisis data menggunakan univariate untuk mendeskripsikan karakteristik balita, karakteristik ibu, karakteristik keluarga; dan untuk melihat hubungan pola asuh makan balita, alokasi waktu ibu, dengan pola konsumsi menggunakan analisis korelasi rank Spearman.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa; 1) pola asuh makan balita sebagian besar baik pada ibu yang bekerja; 2) alokasi waktu ibu dalam sehari sebagian besar untuk kegiatan domestik, kegiatan domestik yang dilakukan oleh ibu untuk pemenuhan kebutuhan konsumsi makan adalah penyediaan makan, penyediaan makan selama 1,06-2,18 jam untuk ibu bekerja dan lebih dari 2,18 jam untuk ibu tidak bekerja; 3) Pola konsumsi makan pada keluarga sebagian besar adalah baik; 4) Ada hubungan yang signifikan antara pola asuh makan dengan pola konsumsi makan keluarga; 5) Tidak ada hubungan yang signifikan antara alokasi waktu ibu dengan pola konsumsi makan keluarga.

Kata Kunci: pola asuh makan balita, aloaksi waktu ibu, pola konsumsi makan

Article Details

Section
Articles