KEEFEKTIFAN PENYULUHAN TENTANG PENTINGNYA SARAPAN DENGAN MEDIA PERMAINAN ULAR TANGGA UNTUK MENINGKATKAN PENGETAHUAN DAN RESPON SISWA SDN DI KECAMATAN TAROKAN KEDIRI

Main Article Content

FATMA NURFIRDAUSI SANTOSO

Abstract

Permainan ular tangga merupakanpermainan yang dimainkanoleh dua orangatau lebih dengan mengunakan papanpermainan, yang mana papan permainan tersebut digunakan sebagai media penyuluhan tentang sarapan. Penelitian ini bertujuan 1) Mengetahui perubahaan pengetahuan siswa SDNJati kecamatan Tarokan Kediri setelah penyuluhan sarapan dengan media permainan ular tangga. 2) Mengetahui responsiswa SDN Jati kecamatan Tarokan Kediri terlaksana penyuluhan sarapan dengan media permainanulartangga. 3) Mengetahui keefektifan penyuluhansarapan dengan menggunakan media permainan ular tangga pada siswa SDN Jati kecamatan Tarokan Kediri. Jenis penelitian adalah quasi experimental. Desain penelitian yang digunakan pre test treatmen post test. Variabel dalam penelitian ini meliputi variabel bebasadalah penggunaan media permainan ular tangga tentang sarapan, variabel terikatadalah perubahan pengetahuan siswa dan orang tua, dan respon siswa dan orang tua setelah penyuluhan berlangsung. Analisis data dilakukan dengan statistik bantuan SPSS uji T.Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkat pengetahuan siswa dan orang tua sebesar 32,56 untuk siswa dan 32,95 untuk orang tua, dan menunjukan bahwa adanya nilai signifikansi (p) sebesar 0,000 karena p< 0,0. Hasil responsiswa dan orang tua termasuk dalam kategori sangat baik. Hal tersebut menunjukan penggunaan media permainan ular tangga efektif sebagai media penyuluhan tentang sarapan terhadap siswa dan orang tua di SDN Jati Kecamatan Tarokan Kediri.

Article Details

Section
Articles