ANALISIS JENIS DAN DESAIN KEMASAN SNACK KERIPIK SINGKONG TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN
Main Article Content
Abstract
Kemasan selain menjadi pembungkus dan pelindung snack keripik singkong juga dapat dimanfaatkan sebagai pemikat minat beli konsumen yaitu dengan menambahkan desain pada kemasan serta pemilihan jenis kemasan yang sesuai. Artikel ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh: 1) jenis kemasan produk snack keripik singkong terhadap minat beli konsumen; 2) desain kemasan produk snack kripik singkong terhadap minat beli konsumen; 3) jenis kemasan yang sesuai untuk membungkus keripik singkong. Data pada airtikel ini didapat dari mengumpulkan beberapa referensi pustaka atau jurnal ilmiah untuk mengkaji atau menganalisis pengaruh jenis dan desain kemasan kemasan produk keripik singkong terhadap minat beli konsumen. Data yang dikumpulkan pada penelitian merupakan data kualitatif berdasarkan observasi pustaka atau (Library Research). Dari penelitian beberapa literature yang dikaji menghasilkan: 1) jenis kemasan berpengaruh signifikan terhadap minat beli konsumen; 2) desain kemasan produk snack kripik singkong juga berpengaruh terhadap minat beli konsumen ; 3) jenis kemasan yang sesuai dengan fungsi dan efisiensi harga produksi keripik singkong adalah dengan menggunakan kemasan plastik, karena efisien secara fungsi dan harga kemasan.
Kata Kunci: kemasan, desain, keripik, minat konsumen