PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA KOMPETENSI DASAR SANDWICH

Main Article Content

Nikmatus Syarifah
Veni Indrawati
Siti Sulandjari
Niken Purwidiani

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk mengetahui: 1)  model pembelajaran berbasis masalah, 2) hasil belajar, 3) penerapan model pembelajaran berbasis masalah pada kompetensi dasar  sandwich, 4) pengaruh penerapan model pembelajaran berbasis masalah terhadap peningkatan hasil belajar siswa pada kompetensi dasar sandwich. Hasil dari kajian artikel ini ditemukan bahwa 1) model pembelajaran berbasis masalah merupakan suatu model pembelajaran yang menitik beratkan siswa dalam mencari suatu masalah kemudian dapat mengumpulkan dan mengintegrasi suatu pengetahun baru, sehingga guru hanya dapat menjadi sebuah fasilitator dalam proses pembelajaran yang terarah. 2) hasil belajar merupakan hasil dari proses pembelajaran yang dapat mencerminkan keluasan dan kedalaman serta kerumitan kompetensi pengetahuan, 3) model pembelajaran berbasis masalah dapat diterapkan pada kompetensi dasar sandwich, 4) penerapan model pembelajaran berbasis masalah memiliki pengaruh dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada kompetensi dasar sandwich.


Kata kunci : Model Pembelajaran, Berbasis Masalah, Hasil Belajar

Article Details

Section
Articles