PENGARUH PROPORSI TEPUNG JAGUNG DAN MOCAF TERHADAP KUALITAS “JAMOF RICE” INSTAN DITINJAU DARI SIFAT ORGANOLEPTIK

Main Article Content

APRILIYA ANING NUR FITRIANI

Abstract

Abstrak


“Jamof Rice” instan  adalah salah  satu produk beras artifisial yang terbuat dari tepung jagung dan mocaf. Beras artifisial adalah beras tiruan yang menggunakan lebih dari satu  bahan untuk  memperoleh kandungan gizi yang dapat menyeimbangi kandungan gizi beras. Tujuan penelitian ini adalah untuk; (1) mengetahui pengaruh proporsi tepung jagung dan mocaf  terhadap sifat organoleptik beras “Jamof Rice” instan yang meliputi bentuk, tekstur, warna, aroma (2); mengetahui proporsi tepung jagung dan  mocaf  terhadap sifat organoleptik nasi ”Jamof Rice” instan yang meliputi bentuk, tektur, warna, aroma, rasa, kekenyalan,(3); mengetahui kandungan gizi terbaik beras dan nasi yang meliputi: energi, karbohidrat, lemak, protein, serat, vit A, besi dan kalsium,(4); mengetahui harga jual/kg beras ”Jamof Rice” instan terbaik hasil penilaian sifat organoleptik.


Penelitian ini termasuk jenis penelitian eksperimen. Proporsi tepung jagung dan mocaf yang digunakan adalah 4:1, 3:1, 7:3 dan 13:7. Metode pengumpulan data menggunakan metode observasi melalui uji sifat organoleptik dan uji mutu kimiawi.  penilaian sampel dinilai oleh 15 panelis terlatih dan 15 panelis semi terlatih. Data hasil uji sifat organoleptik dianalisis dengan uji One Way Anova. Hasil  uji One Way Anova pada beras “Jamof  Rice” instan dalam  bentuk beras menunjukkan terdapat pengaruh terhadap tekstur  namun tidak  berpengaruh  terhadap bentuk, warna dan  aroma  sedangkan pada  nasi “Jamof Rice” instan terdapat pengaruh pada aroma, rasa dan kekenyalan, namun tidak berpengaruh terhadap bentuk, tekstur, warna.


Berdasarkan  hasil analisis uji Anova One Way diperoleh sifat organolaptik beras dan nasi  ”Jamof Rice” terbaik dengan proporsi tepung  jagung  dan mocaf 13:7 yaitu pada perlakuan M4. Kandungan  gizi beras ”Jamof Rice”instan terbaik  per 100gr  adalah energi 326 kkal, karbohidrat 71,3 g, lemak 2,1 g, protein 6,3 g, serat 4,8g, vit A 25 mg , besi 3,8 mg, kalsium76 mg  sedangkan  kandungan gizi nasi ”Jamof Rice” instan terbaik per 100 gr nasi adalah  energi 231 kkal, karbohidrat 50,6 g, lemak 1,4 gr, protein 4,5 gr, serat 3,3 g, vit A 17 mg, besi 2,6 gr dan kalsium 53 mg. Perhitungan harga jual per/kg  adalah Rp 7000,-


 


  Kata kunci: proporsi, beras, nasi, sifat organoleptik

Article Details

Section
Articles