KAJIAN TENTANG PEMANFAATAN MODEL PEMBELAJARAN SAVI DALAM MENCAPAI HASIL BELAJAR SISWA DISABILITAS INTELEKTUAL RINGAN

Main Article Content

Siti Nur Chalimah
Rahayu Soeyono
Siti Sulandjari
Ita Romadhoni

Abstract

Penulisan artikel ilmiah ini dilatarbelakangi dengan adanya permasalahan dimana siswa disabilitas intelektual ringan kesulitan mengikuti dan mengingat pembelajaran yang berlangsung di kelas memasak. Oleh karena itu, diperlukan model pembelajaran yang sesuai dengan keadaan masing-masing siswa. Pemilihan model pembelajaran SAVI menekankan siswa untuk terlibat aktif dengan menggabungkan gerak fisik dan semua panca indera. Tujuan dari penulisan artikel ilmiah ini yaitu untuk mengetahui pemanfaatan model pembelajaran SAVI dalam mencapai hasil belajar siswa disabilitas intelektual ringan. Metode  yang digunakan yaitu mengkaji berbagai artikel berdasarkan jurnal-jurnal yang berkaitan dengan hasil penelitian tentang model pembeajaran SAVI untuk disabilitas dan  juga dari buku-buku yang terkait dengan hal tersebut. Teknik analisa yang dilakukan dalam penulisan artikel ilmiah ini yaitu secara kualitatif sitation berdasarkan  artikel yang relevan. Berdasarkan hasil kajian yang telah dilakukan, model pembelajaran  SAVI dapat mencapai hasil belajar siswa disabilitas intelektual ringan pada tingkatan aspek kognitif (C1,C2 dan C3), aspek psikomotorik (menirukan dan memanipulasi) dan Afektif (memperhatika, merespon, menghargai dan mengorganisasikan). Dengan pemberian treatment secara berulang kali dan disertai dengan media yang konkrit.

Article Details

Section
Articles