KAJIAN TENTANG PEMANFAATAN MODEL PEMBELAJARAN SAVI DALAM MENCAPAI HASIL BELAJAR SISWA DISABILITAS INTELEKTUAL RINGAN
Main Article Content
Abstract
Penulisan artikel ilmiah ini dilatarbelakangi dengan adanya permasalahan dimana siswa disabilitas intelektual ringan kesulitan mengikuti dan mengingat pembelajaran yang berlangsung di kelas memasak. Oleh karena itu, diperlukan model pembelajaran yang sesuai dengan keadaan masing-masing siswa. Pemilihan model pembelajaran SAVI menekankan siswa untuk terlibat aktif dengan menggabungkan gerak fisik dan semua panca indera. Tujuan dari penulisan artikel ilmiah ini yaitu untuk mengetahui pemanfaatan model pembelajaran SAVI dalam mencapai hasil belajar siswa disabilitas intelektual ringan. Metode yang digunakan yaitu mengkaji berbagai artikel berdasarkan jurnal-jurnal yang berkaitan dengan hasil penelitian tentang model pembeajaran SAVI untuk disabilitas dan juga dari buku-buku yang terkait dengan hal tersebut. Teknik analisa yang dilakukan dalam penulisan artikel ilmiah ini yaitu secara kualitatif sitation berdasarkan artikel yang relevan. Berdasarkan hasil kajian yang telah dilakukan, model pembelajaran SAVI dapat mencapai hasil belajar siswa disabilitas intelektual ringan pada tingkatan aspek kognitif (C1,C2 dan C3), aspek psikomotorik (menirukan dan memanipulasi) dan Afektif (memperhatika, merespon, menghargai dan mengorganisasikan). Dengan pemberian treatment secara berulang kali dan disertai dengan media yang konkrit.