KEEFEKTIFAN PERANGKAT PELATIHAN UNTUK MENINGKATKAN PENGETAHUAN DAN SIKAP HIGIENE DAN SANITASI PENJAMAH MAKANAN

Main Article Content

Seftya Nur Anggraini
Sri Handajani
Luthfiyah Nurlaela
Lucia Pangesthi

Abstract

Pelatihan higiene dan sanitasi bagi penjamah makanan sangat penting untuk mengurangi resiko terhadap kejadian penyakit bawaan makanan. Pelatihan dapat memberikan hasil yang maksimal dengan menggunakan metode maupun instrumen pelatihan yang tepat. Tujuan pengkajian artikel ini meliputi: 1) pengertian konsep perangkat pelatihan sanitasi dan higiene; 2) pengertian konsep pengetahuan dan sikap penjamah makanan; 3) mengetahui keefektifan perangkat pelatihan, dan 4) mengkaji keefektifan perangkat pelatihan untuk meningkatkan pengetahuan dan sikap higiene dan sanitasi penjamah makanan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian studi literatur dengan menelaah jurnal dan berbagai kajian pustaka terkait dengan efektivitas perangkat pelatihan untuk meningkatkan pengetahuan dan sikap higiene sanitasi penjamah makanan. Melalui kajian ini, dapat diperoleh informasi mengenai 1) Terdapat empat komponen yang dapat digunakan oleh perangkat pelatihan higiene dan sanitasi, diantaranya ialah silabus, power point, handout, video. 2) Seorang penjamah makanan yang berpengetahuan maka akan melakukan sebuah sikap dengan sebaik-baiknya maka penjamah makanan akan mampu menjaga makanan terhindar dari ancaman penyakit. 3) Pengetahuan dan sikap yang harus dilakukan oleh penjamah makanan ialah berhubungan dengan makanan dan peralatan mulai dari tahap persiapan sampai dengan penyajian. 4) Terdapat empat indikator dalam menentukan keefektifan pelatihan diantaranya ialah, kualitas pelatihan, kesesuaian tingkat pelatihan, insentif dan waktu. Penelitian yang dilakukan oleh Arizka dan Handajani (2017) menyatakan bahwa hasil telaah perangkat pelatihan higiene sanitasi penjamah makanan berupa silabus, power point dan handout adanya peningkatan nyata pada kemampuan peserta pelatihan. Menurut Mustaqimah dan Nurlaela (2018) menyatakan bahwa hasil dari adanya penerapan perangkat pelatihan berupa silabus, handout, power point dan soal tes  menunjukkan bahwa terjadi peningkatan kemampuan peserta pelatihan. Hasil penelitian Herningtyas (2017) Hasil dari adanya penerapan perangkat pelatihan berupa silabus, power point, poster dan tes menunjukkan bahwa pelatihan dengan menggunakan media silabus, power point dan poster terbukti dapat meningkatkan pengetahuan penjamah makanan. Berdasarkan hasil telaah jurnal menunjukkan bahwa perangkat pelatihan berjalan efektif, dengan bukti bahwa pengetahuan yang dialami oleh peserta pelatihan mengalami peningkatan.

Article Details

Section
Articles