PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG TERHADAP HASIL BELAJAR MENERAPKAN MENU SEIMBANG UNTUK BAYI DAN BALITA DI SMK PARIWISATA SATYA WIDYA SURABAYA

  • Bela Cita Aulia
  • suhartiningsih suhartiningsih
  • Asrul Bahar
  • Sri Handajani

Abstract

ABSTRAK

Penelitianoini bertujuanountuk mengetahui: 1) keterlaksanaan modelopembelajaran langsung padao kompetensi dasar menerapkan menu seimbang untuk balita; 2) mengetahui hasil belajarodalam aspekokognitif dan psikomotorik pesertaodidik dalam menerapkan menu seimbang untuk balita, dan 3) mengetahuiorespon pesertaodidik dengan penerapano model pembelajaran langsung. Metode penelitian menggunakan Quasi Experiment atau eksperimen semu. Desain penelitian dalam rancangan ini menggunakan one group pretest-posttest design. Observasi, tes dan angket diguakan sebagai metode pengumpulanodata. Metode analisisodata menggunakan Uji t. Hasil penelitian ini adalah 1) Aktifitas guru pada pengelolaan pembelajaran langsung, kompetensi dasar menerapkan menu seimbang untuk bayi dan balita dikategorikan sangatobaik (SB) dengan rata-rata pertemuan pertama sebesar 91,2% dan pertemuan keduaosebesar 88,3%. 2) Hasilobelajar menunjukkan perbedaan nilaiorata-rata pretest dan posttest. Terjadi peningkatanohasilobelajar sebelum danosesudah penerapan modelopembelajaran langsung baik pada aspek kognitif maupun psikomotor. 3) Responopeserta didikoterhadap penerapan modelopembelajaran langsung sebesar 91,39% yang termasuk dalam kategori sangat baik.

 

Published
2020-08-11
Abstract Views: 92
PDF Downloads: 169