Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Langsung Terhadap Keefektifan Pembelajaran Ekstrakurikuler Tata Boga di Pondok Pesantren Internasional Amanatul Ummah Mojokerto

Main Article Content

Iga Padya Gezatama
Choirul Afifah
Luthfiyah Nurlaela
Niken Purwidiani

Abstract

Ekstrakurikuler Tata boga adalah salah satu ekstrakurikuler yang ada di Pondok Pesantren Amanatul Ummah yang bertujuan untuk mengembangkan bakat dan minat para santri. Model pembelajaran yang kurang menarik menyebabkan siswa jenuh dan hasil kegiatan kurang optimal. Penelitian ini bertujuan menganalisis keefektivan penerapan model pembelajaran langsung untuk meningkatkan8hasil belajar kognitif dan psikomotor santriwati. DesainHyang digunakanHdalamPpenelitian ini adalah quasi experimental design dan menggunakan model nonJequivalent0control group0design.9Penelitian ini dilakukanPdi Pondok Pesantren Amanatul Ummah Mojokerto. Sampel dalam penelitian ini adalah 48 santriwati kelas XI dibagi menjadi 2 kelompok dengan pembagian 24 santriwati sebagai kelompok control dan 24 santriwati menjadi kelompok eksperimen. Instrumen penelitian menggunakan lembar tes tulis dan tes kinerja. Teknik analisis data0denganPmenggunakan0Vuji-t.[Hasil penelitian menunjukkanLbahwa: 1) penerapan pembelajaran langsung pada pembelajaran ekstrakurikuler Tata Boga efektif meningkatkan kemampuan kognitif santriwati 2) penerapan pembelajaran langsung pada pembelajaran ekstrakurikuler Tata Boga efektif meningkatkan kemampuan psikomotrik santriwati 3) respon santriwati menunjukkan positif terhadap model pembelajaran langsung.

Article Details

Section
Articles