PENGARUH PEMBELAJARAN DENGAN GOOGLE CLASSROOM DIINTEGRASIKAN VIDEO INTERAKTIF TERHADAP KETERAMPILAN BERFIKIR KRITIS DAN BERTANGGUNG JAWAB

Authors

  • Rozan Irfan Rostyanta
  • Any Sutiadiningsih
  • Asrul Bahar
  • Mauren Miranti

Abstract

Pembelajaran  dalam jaringan (daring) menjadi salah satu solusi pembelajaran di era industri 4.0 dan di masa pandemic covid-19. Salah satu platform online google classroom dengan beberapa fiturnya dapat diintegrasikan dengan video interaktif untuk meningkatkan keterampilan berfikir kritis dan tanggung jawab. Karya ilmiah bertujuan untuk mengetahui: (1) pembelajaran dengan media google classroom yang diintegrasikan dengan video interaktif; (2) keterampilan berfikir kritisdan sikap tanggung jawab; (3) pembelajaran dengan google classroom terintegrasi video terhadap meningkatan keterampilan berfiki kritis dan sikap tanggung jawab. Karya tulis ini berbasis literature, mulai dari studi pustaka dan kajian beberapa hasil penelitian yang relevan. Hasil kajian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan google classroom diintegrasikan video interaktif dapat meningkatkan keterampilan berfikir kritis dan bertanggung jawab siswa. Dikarenakan melalui keterampilan berfikir kritis siswa dapat mengkonstruk dan mengatur pola berfikir sesuai dengan proses mental yang dialami siswa selama pembelajaran dan menjadikan siswa lebih aktif serta siswa lebih bertanggung jawab dan percaya diri dalam mengerjakan tugas yang diberikan guru.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2020-02-07

Issue

Section

Articles
Abstract views: 678 , PDF Downloads: 1511