HUBUNGAN PENERAPAN PROJECT BASED LEARNING PORTOFOLIO PROSES DENGAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN BERTANGGUNG JAWAB

Main Article Content

Mayomi Cita Irmanda Putri
Any Sutiadiningsih
Luthfiyah Nurlaela
Niken Purwidiani

Abstract

Karya ilmiah ini merupakan hasil dari kajian kepustakaan yang bertujuan untuk mendeskripsikan hubungan penerapan project based learning portofolio proses dengan kemampuan siswa dalam berpikir kritis dan bertanggung jawab. Karya ilmiah ini disusun berdasar pada berbagai sumber informasi dari teori, konsep, dan berbagai hasil-hasil penelitian yang relevan. Kajian ini bertujuan untuk menggali informasi mengenai hubungan penerapan project based learning portofolio proses dengan kemampuan berpikir kritis dan tanggung jawab siswa. Hasil kajian menunjukkan bahwa penerapan project based learning portofolio proses merupakan pendekatan pembelajaran yang menghasilkan suatu produk akhir yaitu berupa proyek (portofolio proses). Dalam penerapan project based learning portofolio proses adapun kemampuan yang berhubungan yaitu kemampuan berpikir kritis dan bertanggung jawab. Kemampuan berpikir kritis merupakan kemampuan berpikir yang dilakukan dengan penuh perhitungan, hati-hati, dan ketelitian sedangkan kemampuan bertanggung jawab adalah sikap dan perilaku seseorang untuk mampu melaksanakan tugas dan kewajibannya. Penerapan project based learning portofolio proses memiliki hubungan yang sangat baik dengan kemampuan berpikir kritis dan bertanggung jawab siswa, dikarenakan melalui penerapan tersebut siswa dapat mengatur pola berpikirnya, menjadikan siswa lebih aktif, percaya diri serta bertanggung jawab dalam upaya memecahkan masalah.

Article Details

Section
Articles