PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SMK

Main Article Content

Masriatus Sholicha
Veni Indrawati
Lucia Tri Pangesthi
Asrul Bahar

Abstract

Tujuan penulisan artikel ilmiah berikut yakni1) untuk mengetahui konsep model pembelajaran kooperatif tipe TGT; 2) penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT; 3) hasil belajar siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi literatur yang berkaitan dengan penelitian-penelitian yang terdahulu yang dilakukan dengan cara mengumpulkan beberapa jurnal dan buku yang terkait kemudian dikaji. Hasil pengkajian disimpulkan bahwasanya 1) model pembelajaran kooperatif tipe TGT adalah model pembelajaran yang sanggup melakukan pengembangan akan pengetahuan, kemampuan, serta keterampilan dengan menyeluruh pada suasana belajar yang menyenangkan serta kompetitif didalam proses pembelajaran; 2) penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT guna memberikan peningkatan akan hasil belajar siswa pada kompetensi dasar lemak dan minyak mengalami peningkatan pada proses pembelajaran. Perihal berikut bisa diamati melalui keaktifan siswa ketika mengikuti pembelajaran yang diberikan oleh guru dan hasil belajar yang meningkat; 3) penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil belajar yang meningkat dan telah memenuhi Kriteria Ketuntasan Minumum (KKM).

Article Details

Section
Inovasi Media dan Teknologi Pembelajaran