PENYELENGGARAAN PEMBELIAN (PURCHASING) BAHAN BAKU PT. AEROFOOD AEROWISATA CATERING SERVICE (PT. AEROFOOD ACS) SURABAYA

Main Article Content

IMROATUL MUFITDAH

Abstract

Abstrak


Jumlah maskapai penerbangan Indonesia dari tahun ke tahun tumbuh cukup pesat. Hal ini disebabkan jasa transportasi udara semakin digemari karena memudahkan pergerakan antar daerah dan negara. Meningkatnya pengguna jasa penerbangan ini tentu meningkatkan permintaan penyedia makanan dan minuman untuk maskapai penerbangan. Peningkatan permintaan makanan juga berdampak pada peningkatan pembelian bahan baku untuk memenuhi permintaan maskapai penerbangan. Pelaku bisnis, departemen purchasing khusunya akan melakukan berbagai cara untuk dapat memenuhi permintaan barang tersebut guna memberikan kualitas dan pelayanan terbaik kepada maskapai penerbangan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui landasan, implementasi serta ketercapaian penyelenggaraaan pembelian (purchase) di PT. Aerofood ACS Surabaya.


Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Metode pengumpulan data dilakukan dengan melakukan wawancara, observasi serta dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan adalah triangulasi, subyek penelitian adalah staff yang melaksanakan proses pembelian barang.


Berdasarkan hasil penelitian, keseluruhan penyelenggaraan pembelian bahan baku di PT. Aerofood ACS Surabaya sesuai dengan landasan yang ditetapkan. Landasan tersebut berupa SK-Pedoman Pengadaan yang diimplementasikan dalam bentuk job description. Simpulan dari penelitian ini adalah penyelenggaraan pembelian bahan baku PT. Aerofood ACS Surabaya harus dapat dipertahankan serta terdapat bagian yang perlu diperhatikan lebih seksama agar penyelenggaraan bahan baku dapat dilaksanakan secara baik dan benar tanpa ada pihak yang dirugikan.


 


Kata kunci: PT. Aerofood ACS,pembelian

Article Details

Section
Articles