STUDI LITERATUR EFEKTIFITAS MEDIA INTERAKTIF MOTION GRAPHIC DALAM PEMBELAJARAN

Main Article Content

Faedah Nur Baeti
Asrul Bahar
Veni Indrawati
Dwi Kristiastuti

Abstract


 


ABSTRAK


Tujuan dari penulisan artikel berikut ialah guna tahu akan 1) Konsep dari media pembelajaran motion Graphic; 2) Penerapan media pembelajaran motion graphic; 3) Hasil dari penerapan media pembelajaran motion graphic. Jenis penelitian artikel ini adalah studi literature dengan di dukung oleh penelitian-penelitian pendahulu yang membahas mengenai media pembelajaran motion graphic. Pengumpulan data terkait menggunakan diambil dari buku-buku, jurnal, dan seminar yang kemudian dibaca kemudian di kaji. Data yang telah di kaji kemudian di compare dengan data penelitian yang lainnya sehingga dapat di bandingkan masing-masing hasil penelitian tersebut. Teknik analisis data menggunakan teknik kualitatif deskriptif. Hasil penulisan artikel ilmiah menunjukkan bahwa  1) Media pembelajaran motion graphic merupakan media pembelajaran yang dipakai oleh tenaga pendidik guna melakukan penyampaian akan pesannya kepada peserta didik melalui animasi, power point, stop motion, video dan sebagainya. Sehingga pengalaman belajar melibatkan indra pengelihatan dan aktivitas fisik berupa praktek; 2) Penerapan media pembelajaran motion graphic dinyatakan efektif sebagai sarana pembelajaran yang di sampaikan guru, perihal berikut bisa diamati dari feed back serta interaksi selama pembelajaran berlangsung, 3) Penerapan media pembelajaran motion graphic dibuktikan bisa memberikan peningkatan pada hasil belajar peserta didik, perihal berikut bisa di lihat berdasarkan peningkatan nilai post test yang signifikan dibandingkan nilai pretest



Article Details

Section
Inovasi Media dan Teknologi Pembelajaran