MELATIH KECERDASAN KOGNITIF DAN AFEKTIF DENGAN MEDIA PEMBELAJARAN DARING BERBASIS EDMODO

Authors

  • Rudi Adi Pratama
  • Siti Sulandjari
  • Asrul Bahar
  • Ita Romadhoni

Abstract

Pandemi Covid-19 membutuhkan lebih banyak aktivitas di rumah dibandingkan di luar ruangan dalam setiap aspek kehidupan, terutama di bidang pendidikan. Kebijakan pemerintah tentang penerapan proses pembelajaran dari rumah melalui pendidikan daring, sebagai bentuk upaya agar proses pembelajaran masih dapat dilakukan secara maksimal ditengah pandemi. Salah satu media yang dapat digunakan adalah edmodo. Pada kenyataannya proses pelaksanaan pembelajaran daring membatasi aktvitas siswa dan hanya terfokus pada guru, sehingga peran siswa menjadi pasif dalam proses pembelajaran. Media digunakan untuk membantu guru meningkatkan kecerdasan siswa dan membuat proses pembelajaran lebih aktif, sehingga pengginaan media yang kurang tepat akan mendapatkan hasil yang kurang maksimal. Maka dari itu tujuan dari penelitian ini yaitu mengetahui penggunaan media pembelajaran Edmodo dalam ranah kognitif dan afektif.  Penelitian ini menggunakan metode studi literatur. Hasil telaah jurnal terdahulu menyatakan penggunaan media Edmodo sanggup tingkatkan hasil belajar kognitif dan afektif. Dalam ulasan ini, memberikan pengetahuan baru bagi guru dalam pengginaan media pembelajaran berbasis Edmodo dan mampu menjadi alternatif dimasa pandemi.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2021-08-28
Abstract views: 210 , PDF Downloads: 1142