PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS ANDROID PADA KOMPETENSI DASAR “MEMAHAMI DAFTAR ANGKA KECUKUPAN GIZI (AKG)” DI SMK

Main Article Content

Kurnia Laili Sya’baniyah
Luthfiyah Nurlaela
Dwi Kristiastuti
Sri Handajani

Abstract

Ilmu gizi merupakan mata pelajaran yang terdapat pada dasar program keahlian Jasa Boga yang terdapat pada kurikulum 2013, dari data yang diperoleh 50% diantaranya menganggap ilmu gizi adalah mata pelajaran yang sulit dan sebagian siswa cenderung bosan serta kurang memahami materi karena materi yang diberikan hanya disajikan melalui Power Point, maka dari itu diperlukan media pembelajaran yang sesuai. Media pembelajaran berbasais android dapat digunakan untuk mendukung proses pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kelayakan dari media pembelajaran berbasis android yang dikembangkan. Desain penelitian ini yaitu menggunakan penelitian Research and Development dengan model 4-D. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi menggunakan analisis deskriptif persentase, data menggunakan instrumen lembar observasi validasi media dan perangkat pembelajaran, validasi kelayakan instrumen untuk perangkat pembelajaran dan media pembelajaran dilakukan dengan mengkonversi rata-rata skor kelayakan pada persentase dengan rumus Deskriptif Persentase dan hasilkan dikonversikan pada table kelayakan instrument. Hasil penelitian menunjukkan hasil validasi kelayakan media mendapatkan hasil prosentase 86% dengan kategori sangat layak untuk diuji cobakan. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran interaktif berbasis android layak untuk diuji cobakan.

Article Details

Section
Articles