PENERAPAN MEDIA PERMAINAN TRUTH OR DARE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SMK TATA BOGA PADA PEMBELAJARAN KESELAMATAN, KESEHATAN, KEAMANAN KERJA (K3) DAN SANITASI HYGIENE

Main Article Content

Nabila Anggraeni
Sri Handajani
Lucia Tri Pangesthi
Dwi Kristiastuti

Abstract

Permainan truth or dare merupakan salah satu media pembelajaran interaktif yang sangat digemari oleh kalangan remaja dan dapat memotivasi siswa karena permainan ini menguji keberanian. Kelebihan dari media pembelajaran jenis permainan adalah dapat merangsang siswa dalam berkembang dan memotivasi belajar siswa. Tujuan artikel ini adalah memberikan informasi tentang: (1) media permainan truth or dare; (2) hasil belajar siswa SMK Tata Boga; (3) pentingnya pembelajaran K3 dan Sanitasi Hygiene bagi siswa SMK Tata Boga; dan (4) media permainan truth or dare meningkatkan hasil belajar siswa SMK Tata Boga pada mata pelajaran K3 dan Sanitasi Hygiene. Penulisan artikel ini menggunakan metode kajian literature dengan mengumpulkan teori dari hasil beberapa peneliti. Kajian ini menyimpulkan bahwa (1) media pembelajaran berbentuk permainan truth or dare merupakan metode interaktif untuk siswa SMK Tata Boga; (2) hasil belajar digunakan untuk menentukan tingkat keberhasilan materi yang disampaikan kepada siswa SMK Tata Boga; (3) mata pelajaran K3 dan Sanitasi Hygiene memberikan bekal penguasaan ilmu dan keterampilan yang menunjang kompetensi keahlian siswa SMK Tata Boga di dunia industri; dan (4) penerapan media permainan truth or dare sesuai untuk materi K3 dan Sanitasi Hygiene dengan berbasis teori dapat meningkatkan hasil belajar siswa SMK Tata Boga.

Article Details

Section
Articles