KAJIAN LITERATUR: PENGARUH PENERAPAN KOMIK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI SMK TATA BOGA

Main Article Content

Elinda Yeti Widyarini
Lucia Tri Pangesthi
Asrul Bahar
Mauren Gita Miranti

Abstract

Kualitas pendidikan ditentukan oleh keprofesionalan pendidik dalam menggunakan alat bantu berupa penggunaan sumber belajar yang variatif, sehingga menciptakan lingkungan belajar yang menyenangkan. Namun pada kenyataannya pengembangan sumber belajar di SMK tata boga kurang diperhatikan, sehingga hasil belajar peserta didik belum memenuhi kriteria ketuntasan minimal. Komik sebagai sumber belajar yang menggunakan media visual untuk mendukung pemahaman konsep peserta didik dalam menerima materi pembelajaran, karena komik menampilkan materi pembelajaran secara kreatif sehingga mempermudah peserta didik memahami materi pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui kajian konsep komik; 2) kajian hasil belajar menggunakan komik; 3) kajian keefektifan komik terhadap hasil belajar di strata pendidikan menengah yang dianalisis menggunakan metode penelitian studi kepustakaan dengan menelaah jurnal hasil penelitian yang relevan untuk memperoleh sebuah data. Berdasarkan hasil analisis dari 10 penelitian yang relevan di SMK Tata Boga, yaitu (a) Konsep dalam komik berupa penggambaran karakter yang menarik, pengungkapan ekspresi tokoh karakter yang menghibur, dan dialog yang mudah dipahami peserta didik; (b) Hasil post-test dan jenjang kognitif C1, C2, dan C3 pada kelas eksperimen menunjukkan kenaikan nilai rata-rata yang signifikan; (c) Penggunaan komik efektif untuk meningkatkan hasil belajar yang ditunjukkan dari peningkatan nilai peserta didik.

Article Details

Section
Articles