GAME CARD SEBAGAI MEDIA EDUKASI KONSUMSI JAJANAN SEHAT UNTUK MENINGKATKAN PENGETAHUAN DAN SIKAP SISWA SD

Main Article Content

Gigih Ismono Saputro
Sri Handajani
Asrul Bahar
Rahayu Dewi Soeyono

Abstract

energi5dan zat gizi bagi anak sekolah. Saat ini jajanan beresiko terhadap5 kesehatan anak sekolah karena kebersihannya kurang terjamin. Untuk ini maka anak sekolah harus6memiliki pengetahuan dan sikap pemilihan makanan jajanan yang sehat. Pengetahuan dan sikap ini terbentuk dari proses pembelajaran yang diterima oleh anak sekolah di pendidikan formal atau5non formal. Tulisan ini bertujuan untuk memberikan informasi tentang: 1) karakteristik anak sekolah (Sekolah Dasar); 2) jajanan sehat; 3) Media game card; 4) pengaruh media game card untuk meningkatkan pengetahuan dan sikap mengkonsumsi makanan jajanan sehat bagi siswa SD. Artikel ini menggunakan penelitian studi literatur yaitu sumber dan metode pengumpulan data berasal dari sumber-sumber atau tulisan dari penelitian terdahulu yang akurat dan relevan. Media game card merupakan5bentuk edukasi berbasis permainan sebagai metodenya dan kartu sebagai media permainannya. Hasil5kajian ini didapat dari beberapa peneliti yang berpendapat5bahwa siswa SD memiliki karakteristik senang bermain, senang bergerak, senang bekerja dalam kelompok, anak SD senang merasakan atau melakukan atau memperagakan sesuatu secara langsung. Berdasarkan kajian ini, penggunaan permainan kartu pada siswa SD sebagai media edukasi diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan dan sikap siswa SD dalam memilih jajanan sehat. Permainan kartu dapat menjadi alternatif media penyuluhan jajanan sehat yang menarik dan bermanfaat untuk siswa SD.

Article Details

Section
Articles