PENGEMBANGAN BUKU AJAR PADA MATERI CHOCOLATE CONFECTIONERY DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN HEUTAGOGY

Authors

  • Nandini Galuh Pratiwi
  • Mauren Gita Miranti unesa
  • Nugrahani Astuti unesa
  • Asrul Bahar unesa

Abstract

Pengembangan buku ajar chocolate confectionery yang disusun dengan pendekatan heutagogy merupakan buku ajar yang dimanfaatkan untuk menunjang pembelajaran pada mata kuliah olahan coklat dan gula. Tujuan penulis melakukan penelitian ini yaitu untuk mengetahui kelayakan, nilai pengetahuan dan respon pengguna buku ajar chocolate confectionery. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian pengembangan Research & Development model 4D untuk mengembangkan buku. Uji kelayakan materi, grafis dan respon mahasiswa terhadap buku ajar chocolate confectionery diukur menggunakan angket, sedangkan uji pengetahuan mahasiswa diukur dengan menggunakan nilai pre-test dan post test terhadap keempat aspek materi ajar coklat. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan oleh peneliti menunjukkan bahwa: 1) Buku ajar chocolate confectionery yang dikembangkan degan pendekatan heutagogy memperoleh penilaian kelayakan dari ahli materi 96% dan ahli grafik 88% prosentase rata-rata yang diperoleh dari kedua ahli adalah 92% hasil tersebut menunjukkan kedalam kategori sangat layak namun masih perlu melakukan perbaikan, 2) Terjadi peningkatan pada keempat aspek materi, peningkatan signifikan terjadi pada karakteristik coklat dengan nilai rata-rata pre-test 36 dan post-test 83 hal ini dapat menunjukan bahwa penggunaan draf buku ajar chocolate confectionery dengan pendekatan heutagogy mampu meningkatkan pengetahuan mahasiswa, 3) Respon positif mahasiswa terhadap penggunaan draf buku ajar chocolate confectionery dengan pendekatan heutagogy tampak pada total presentase dari setiap pernyataan dan komentar pada kusioner respon yang telah dibagikan melalui google form P3 mendapatkan nilai presentase tertinggi sebesar 94,5%, dan P6 mendapatkan nilai presentase paling rendah yaitu 84%.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2022-01-12
Abstract views: 139 , PDF Downloads: 272