PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS WEB PADA KOMPETENSI DASAR PERSONAL HYGIENE DI SMK NEGERI 2 PONOROGO

Main Article Content

Erinda Maghtira Nisa
Asrul Bahar
Niken Purwidiani
Ita Fatkhur Romadhoni

Abstract

Tujuan penelitian ini ialah: 1) mengembangkan bahan ajar interaktif berbasis web pada materi personal hygiene dan 2) kelayakan bahan ajar interaktif berbasis web pada materi personal hygiene. Bahan ajar interaktif berbasis web ini dikembangkan untuk membantu siswa terhadap pemahaman materi personal hygiene serta untuk dapat meningkatkan minat & output belajar siswa. Penelitian ini ialah penelitian pengembangan atau R&D menggunakan model ADDIE yang dikembangkan Reiser & Mollanda tahun 1967. Uji kelayakan media ini dilakukan melalui validasi oleh ahli media dan  materi. Pengujian media dan respon dilakukan pada siswa kelas X Program Keahlian Kuliner SMKN 2 Ponorogo. Validasi media dan respon peserta didik dilakukan menggunakan angket. Penelitian ini menghasilkan: 1) bahan ajar interaktif berbasis web pada kompetensi dasar personal hygiene memperoleh nilai dari ahli media 82 dan ahli materi 86 dengan rerata 84 dalam kategori “Sangat Layak”, 2) bahan ajar interaktif menggunakan web pada kompetensi dasar personal hygiene mendapat respon tertinggi dengan presentase 48,4% yang termasuk kategori “Cukup Layak” dan bisa disimpulkan media ini “Layak” digunakan dalam pembelajaran materi personal hygiene di SMK Negeri 2 Ponorogo dengan tindak lanjut mengembangkan sajian materi yang lebih menarik dan relevan dengan materi personal hygiene

Article Details

Section
Articles