PENGARUH PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN AUDIOVISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI KOMPETENSI DASAR UNGGAS DAN HASIL OLAHANNYA DI KELAS X TATA BOGA SMK NEGERI 6 SURABAYA

Main Article Content

Elfarah Maulidyah
Ita Fatkhur Romadhoni
Siti Sulandjari
Lucia Tri Pangesthi

Abstract

Pada Bulan Januari 2020 telah ditemukan kasus Covid-19 atau SARS-CoV-2 yang diumumkan sebagai pandemi sehingga mengakibatkan berubahnya sistem pembelajaran konvensional menjadi sistem pembelajaran melalui jaringan internet (online) dengan audiovisual, dimana salah satu pendidikan menengah khusus yang telah menerapkan sistem pembelajaran audiovisual ialah SMK Negeri 6 Surabaya terutama pada siswa kelas X Tata Boga untuk mata pelajaran Pengelolaan dan Penyajian Makanan yang termasuk kedalam Kompetensi Dasar Unggas dan Hasil Olahannya. Tujuan peneliti dalam penelitian ini yaitu mengetahui adanya efek dalam penggunaan alat peraga audiovisual pada hasil pembelajaran siswa dengan materi kompetensi dasar unggas dan hasil olahannya di SMK Negeri 6 Surabaya. Jenis dan desain pada penelitian ini yaitu Quasi Experiment Design (desain eksperimen semu) dimana instrument penelitiannya menggunakan angket dan soal Pretest dan Posttest. Setelah dilakukan berbagai tahapan pengujian, diperoleh hasil bahwa nilai signifikansi t hitung 0,000 < α = 5% (0,05) artinya adanya pengaruh hasil belajar siswa dalam menggunakan sistem pembelajaran berbasis audiovisual terhadap materi kompetensi dasar unggas dan hasil olahannya pada SMK Negeri 6 Surabaya.

Article Details

Section
Articles