PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS FLIPBOOK MAKER UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATERI SOUP
Main Article Content
Abstract
Penelitian iniffmerupakanffpenelitianffpengembangan modul pembelajaran berbasis flipbook maker yang bertujuan untuk mengetahui: 1) kelayakan materi soup pada e-modul berbasis flipbook ; 2) kelayakan media e-modul materi soup berbasis flipbook ; 3) hasil belajar siswa sebelum dan setelah diterapkan e-modul berbasis rflipbook rdalam r3pembelajaran; 4) responffsiswaffterhadap e-modul materi soupffberbasis flipbookffyang dikembangkan. Metode penelitian ini adalah model pengembangan 4-D yang disederhanakan, tahapan penelitian ini terdiri atas: 1) Pendefinisianff (define); 2) Perencanaanff (design); 3) ffPengembangan (develop). Data dikumpulkan dengan instrumenffpenelitianffyang terdiri atas: lembar validasi untuk penilaian kelayakan produk media; lembar tesr3untuk menilair3hasil belajar r3siswa dan angket r3untuk melihat r3respon r3siswa. Uji coba media dilakukan dengan 36 siswaffkelasffXI ProgramffKeahlian Tata Boga di SMKN 6 Surabaya. Hasil penelitianffmenunjukkan bahwa: 1) materi soup dalam e-modul berbasis flipbook layak digunakan sebagai media pembelajaran dengan kategori sangatffbaik; 2) media e-modul materi soup berbasis flipbook layak digunakanffzsebagaiffdmediaffpembelajaranffxxdengan kategoriffcsangat baik; 3) hasil posttest materi soup pada kelas XI Program keahlian tata boga lebih baik dari pada hasil prettestnya setelah diterapkan e-modul berbasis flipbook dalam pembelajaran; 4) respon siswa terhadap e-modul materi soup berbentuk flipbook berada pada kategori sangat baik