STUDI KESUKAAN RESPONDEN TERHADAP JENANG MAKANAN KHAS WONOGIRI

Main Article Content

Dewi Puspitasari
Ita Fatkhur Romadhoni
Dwi Kristiastuti Suwardiah
Lucia Tri Pangesthi

Abstract

Penilitian ini dilakukan dalam rangka membantu konsumen dari luar kota atau wisatawan yang berkunjung ke Wonogiri untuk memberi reverensi agar mempermudah dalam memilih jenang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) tingkat kesukaan responden dari parameter warna, aroma, rasa, tingkat kekenyalan serta penerimaan produk secara keseluruhan terhadap ke lima merek jenang, dan 2) produk jenang terbaik yang paling disukai oleh responden dari ke lima merek jenang. Penelitian uji kesukaan ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Jenang yang digunakan sebagai sampel terdiri dari 5 macam jenang  yang terdiri dari: 1)Jenang Ayu Ny. Hartini; 2) Jenang Keraton; 3)Jenang E.C.O; 4)Jenang Mayong; 5)Jenang Sidoharjo. Pengambilan data dilakukan dengan cara membagikan kuesioner kepada responden konsumen Wonogiri. Penelitian ini menggunakan uji sensoris berupa uji hedonik untuk mengetahui tingkat kesukaan responden terhadap 5 produk jenang. Uji hedonik yang dilakukan yakni terhadap aspek warna, aroma, rasa, tingkat kekenyalan serta penerimaan produk secara keseluruhan dengan menggunakan skala hedonik yang kemudian diubah menjadi skala numerik.  Sampel diuji oleh responden yang berjumlah 30 orang dan berdomisili di Wonogiri. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa: 1) Tingkat kesukaan responden paling disukai dari segi rasa yaitu jenang Keraton (84%), dari segi warna paling disukai jenang E.C.O ( 80%), dari segi tingkat kekenyalan paling disukai jenang E.C.O (81%), dari segi aroma paling disukai jenang E.C.O (84%) dan; 2) Jenang E.C.O (82%) adalah produk jenang yang banyak disukai oleh responden  karena penilaian sesuai dengan kriteria yang terdiri dari rasa, warna, tingkat kekenyalan dan aroma.

Article Details

Section
Articles