PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS GLIDEAPPS PADA MATERI DASAR PENGGUNAAN PISAU BAGI MAHASISWA TATA BOGA
Main Article Content
Abstract
Kemajuan teknologi berdampak terhadap proses pembelajaran di perguruan tinggi, salah satunya tentang keberadaan media berbasis elektronik yang digunakan pada proses pembelajaran. Salah satu media tersebut adalah e-Modul. E-Modul berbasis glideApps ini suatu alternatif bahan ajar yang dapat mendukung dalam proses pembelajaran dengan memanfaatkan kemajuan teknologi, karena berisi materi, gambar, serta video sehingga peserta didik dapat mempermudah memahami materi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Kelayakan e-Modul berbasis glideApps 2) Respon mahasiswa terhadap e-Modul berbasis glideApps. Pengembangan ini dilakukan dengan menggunakan model pengembangan 4-D (Define, Design, Develop, dan Disseminate). Data diperoleh menggunakan angket yang dinilai oleh 2 dosen ahli materi, 2 dosen ahli media serta 10 mahasiswa Terapan Tata Boga Unesa sebagai responden. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kuantitatif dengan persentase. Hasil penelitian menunjukkan hasil validasi kelayakan materi mendapat persentase 76% dengan kategori layak, validasi kelayakan media mendapat persentase 77% dengan kategori layak dan untuk hasil angket respon mahasiswa mendapat persentase 89,8% dengan kategori sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan bahwa dapat disimpulkan e-Modul berbasis glideApps layak digunakan.