PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS FLIPBOOK MAKER PADA MATA PELAJARAN TATA HIDANG AMERICAN SERVICE DI SMKN 8 SURABAYA

Main Article Content

Shofa Madaniyah
Lucia Tri Pangesthi
Sri Handajani
Ita Fatkhur Romadhoni

Abstract

Penelitian. ini merupakan penelitian pengembangan media pembelajaran berbasis flipbook maker yang bertujuan untuk mengetahui: 1) Kelayakan materi American Service pada media pembelajaran berbasis flipbook; 2) Kelayakan media American Service pada media pembelajaran berbasis flipbook; 3) Respon siswa terhadap media pembelajaran. American Service berbasis flipbook. Penelitian menggunakan model pengembangan.. 4-D dengan tahapan yang terdiri dari 1) Pendefinisian (define); 2) Perencanaan (design); 3) Pengembangan (develop); 4) Penyebaran (dessiminate). Data dikumpulkan dengan instrumen penelitian yang terdiri atas: 1) Lembar validasi untuk penilaian kelayakan materi dari ahli materi; 2) Lembar validasi untuk penilaian kelayakan produk media dari ahli media; 3) Kuesioner untuk melihat respon siswa. Penyebaran media dilakukan kepada 35 siswa kelas XI jurusan Tata Boga di SMKN 8 Surabaya. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptiff kuantitatiff dengan persentase. Hasil penelitian menunjukkan hasil validasi kelayakan materi mendapat persentase. 93% dengan kategori sangat baik/layak, validasi kelayakan media mendapat persentase 83% dengan kategori layak dan hasil kuesioner respon siswa mendapat persentase 91% dengan kategori sangat bbaik/layak. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan media pembelajaran berbasis flipbook maker materi American Service layak digunakan. Pada penelitian selanjutnya, perlu memperhatikan desain dan daya tarik penyajian materi agar media pembelajaran flipbook tepat guna dan dapat dipergunakan secara berkelanjutan oleh siswa.

Article Details

Section
Articles