PEMASARAN ONLINE INSTAGRAM DIMASA PANDEMI COVID-19 UNTUK PENJUALAN UMKM OTAK – OTAK BANDENG KANG WAHAB GRESIK

Main Article Content

Syifa’ul Qulub Lizziyadah
Mein Kharnolis
Suhartiningsih .
Niken Purwidiani

Abstract

Masalah yang dihadapkan produk otak-otak bandeng dari Kang Wahab Gresik adalah pada masa pandemi penjualan sempat terhenti karena adanya pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) sehingga tidak ada pengunjung, masa simpan produk yang pendek sehingga cepat rusak dan pemasok bahan baku otak-otak bandeng berkurang sehingga pengiriman produk terkendala.  Penelitian ini dilakukan dengan tujuan yang dirumuskan dari uraian latar belakang, sebagai berikut : 1) untuk mengetahui strategi pemasaran online pada penjualan otak-otak bandeng, 2) untuk mengetahui omset penjualan di masa pandemi, 3) untuk mengetahui tingkat keberhasilan atas penerapan strategi pemasaran online yang dijalankan otak-otak bandeng Kang Wahab. penelitian ini menggunakan deskriptif dengan pendekatan kuantitatif dalam menggali informasi. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan wawancara secara daring melalui whatsapp dengan ibu Sanik selaku pengelola usaha otak-otak bandeng Kang Wahab dan menggunakan teknik analisis data secara berkala setiap satu bulan sekali untuk mengetahui perubahan atau perkembangan nilai suatu variabel bebas dari perubahan waktu. Hasil dari penelitan ini berupa 1) strategi pemasaran menggunakan media Whatsapp dan Instagram. 2) Omset penjualan pada whatsapp dengan rata-rata per bulan  Rp. 1.108.000 dan Instagram Rp. 1.295.000 3) tingkat keberhasilan dari Whatsapp ke Instagram terjadi peningkatan 17%.

Article Details

Section
Articles