PENERAPAN MODEL9PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING PADA KOMPETENSI DASAR MEMBUAT DANISH DAN CROISSANT DI SMKN 1 BOJONEGORO

Main Article Content

Almas Nurfaida Habsyi
Lucia Tri Pangesthi
Ita Fatkhur Romadhoni
Mauren Gita Miranti

Abstract

Tujuan penelitian9adalah untuk mengetahui: (1) aktivitas guru; 9 (2) aktivitas9siswa; (3) kompetensi dasar siswa; dan (4) respon siswa dengan diterapkan model9pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada kompetensi dasar membuat danish dan croissant. Penelitian dilaksanakani0pada semester gasal tahun iajaran 2022/2023. Sampel adalah 32 siswa kelas XII Tata Boga SMKN 1 Bojonegoro. Penelitian i0ini menggunakan jenis penelitian pre-experimental design dengani0rancangani0peneltian one shoot case study. Penelitian dilaksanakan dengan tiga orang observer untuk menilai aktivitas guru dan siswa. Data yang dikumpulkan adalah data kuantitatif yang diolah i0secara i0deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan: (1) aktivitas guru berkategori sangat baik; (2) aktivitas siswa berkategori sangat baik; (3) kompetensi dasar membuat danish dan croissant pada siswa berkategori i0baik dan (4) respon siswa sebagian besar berkategori baik pada setiap pernyataan yang diajukan, hanya terdapat satu pernyataan yang berkategori cukup yakni pernyataan tentang PBL merupakan model9pembelajaran yang menyenangkan.

Article Details

Section
Articles