PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN BERBASIS ANIMASI YANG DIDISTRIBUSIKAN MENGGUNAKAN ED-PUZZLE PADA MATERI KUE INDONESIA DARI UMBI-UMBIAN
Abstract
Penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang memiliki tujuan yaitu : 1) Untuk mengetahui kualitas video pembelajaran menggunakan Ed-puzzle pada materi kue Indonesia dari Umbi-umbian oleh judgement expert; 2) mengetahui respon siswa terhadap penggunaan video hasil pengembangan menggunakan Ed-puzzle; 3) Mengetahui pengaruh video pembelajaran hasil pengembangan menggunakan Ed-puzzle terhadap pemahaman siswa. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian R&D dengan model penelitian 4D. Data diperoleh dengan lembar validasi, lembar respon siswa dan tes kognitif. Lembar angket dan respon peserta didik menggunakan skala likert. Lembar validasi oleh judgement expert dihitung dengan rumus Aiken V. untuk lembar respon peserta didik dihitung dengan persentase. Uji kognitif dibelikan kepada siswa pada akhir pembelajaran dan diambil rata-rata nya. Berdasarkan hasil dari analisis data : 1) Hasil validasi video memperoleh rata-rata nilai Aiken V sebesar 0,833 dengan kategori tinggi. Video pembelajaran sesuai dengan kriteria video yang sudah dijelaskan pada kajian pustaka; 2) Respon peserta didik terhadap video pembelajaran materi Kue Indonesia dari Umbi-umbian, dilihat dari aspek visual, materi dan manfaat adalah sangat baik, dengan skor sebesar 85,2%; 3) Video pembelajaran mempengaruhi secara signifikan terhadap hasil belajar peserta didik dengan nilai signifikansi 0,000 yang lebih kecil dari nilai ? 0,05.