PENGARUH PENAMBAHAN AMPAS TAHU DAN BAHAN PERASA KEJU TERHADAP TINGKAT KESUKAAN TORTILLA

Main Article Content

ENIK NOVITA SARI

Abstract

ABSTRAK


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penambahan ampas tahu dan bahan perasa keju terhadap tingkat kesukaan tortilla untuk produk matang meliputi: warna, rasa, aroma, kerenyahan dan tingkat kesukaan.


Pengumpulan data penelitian eksperimen ini dilakukan observasi, dengan uji organoleptik terhadap 10 orang panelis terlatih dan 20 orang panelis semi terlatih. Variabel manipulasi dalam penelitian ini adalah penambahan ampas tahu dan bahan perasa keju. Penambahan ampas tahu terhadap tingkat kesukaan panelis meliputi 4 perlakuan (20%, 30%, 40%, 50%) dan bahan perasa keju 2 perlakuan (10% dan 20% ). Data hasil uji organoleptik dianalisis dengan uji anava ganda dilanjutkan dengan uji lanjut Duncan bagi yang signifikan.


Hasil analisis data menunjukkan bahwa: 1) Ada pengaruh penambahan ampas tahu terhadap tingkat kesukaan tortilla meliputi warna, rasa, aroma kerenyahan dan tingkat kesukaan tortilla. 2) Ada pengaruh penambahan bahan perasa keju terhadap tingkat kesukaan pada rasa tortilla, sebaliknya tidak ada pengaruh kesukaan terhadap warna, aroma, kerenyahan dan tingkat kesukaan. 3) Ada pengaruh interaksi penambahan ampas tahu dan bahan perasa keju terhadap  kesukaan rasa tortilla, sebaliknya tidak ada pengaruh terhadap kesukaan meliputi warna, aroma, kerenyahan dan tingkat kesukaan. 4) Hasil terbaik adalah dengan penambahan ampas tahu 20 % dan keju 20%.


 


Kata kunci :  Tortilla, ampas tahu dan bahan perasa keju.

Article Details

Section
Articles