PENGARUH PROPORSI TEPUNG KOMPOSIT BIJO (UBI JALAR – KACANG HIJAU) DAN TEPUNG BERAS TERHADAP TINGKAT KESUKAAN KUE KEMBANG GOYANG

Main Article Content

ANIS SUCIATI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui pengaruh proporsi tepung Bijo (Ubi jalar dan Kacang hijau) dan tepung beras terhadap tingkat kesukaan kue kembang goyang bijo 2) mengetahui proporsi tepung bijo terbaik dalam proses pembuatan kue kembang goyang serta 3) mengetahui kandungan karbohidrat, lemak dan protein dari hasil terbaik.


 Jenis penelitian ini adalah eksperimen. Eksperimen yaitu dengan memodifikasi produk kue kembang goyang dengan menambahkan tepung ubi jalar dan kacang hijau. Proporsi tepung beras dan tepung bijo dalam penelitian ini adalah sebesar (90%:10%),(70%:30%),(50%:50%),(30%:70%) dan (10%:90%). Metode pengumpulan data diservasi melalui uji organoleptik yang meliputi rasa, aroma, warna, kerenyahan dan kesukaan. Instrumen penelitian berupa pengambilan data dilakukan oleh 15 panelis terlatih dan 25 panelis agak terlatih. Analisis data menggunakan AnavaTunggal.


Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) proporsi tepung bijo dan tepung beras berpengaruh terhadap tingkat kesukaan kue kembang goyang yang meliputi rasa, aroma, warna, kerenyahan dan kesukaan panelis. 2) kue kembang goyang terbaik dihasilkan dari kue kembang goyang bijo dengan proporsi tepung beras dan tepung bijo sebanyak (90%:10%) dengan kriteria rasa manis, aroma gurih, warna kuning keemasan, renyah . dan disukai. 3) kandungan gizi setiap 100 gram kue kembang goyang bijo adalah karbohidrat: 49,86%, lemak: 5,87%, protein: 7,65%.


 


Kata Kunci: kembang goyang, tepung komposit Bijo, tepung beras

Article Details

Section
Articles