PENGARUH PEMBERIAN PENYULUHAN GIZI TERHADAP PENGETAHUAN GIZI DAN SIKAP HIDUP SEHAT REMAJA DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 2 SIDOARJO

Main Article Content

MELSANDI RACHMAWATI

Abstract

Remaja merupakan masa yang sangat dinamis dalam tahapan kehidupan manusia yang ditandai dengan berbagai percepatan bagi individu yang bersangkutan, baik perkembangan fisik, kognitif, afektif, moral maupun sosial. Remaja dengan kondisi psikologisnya, mudah terpengaruh dengan sesuatu hal yang baru, sehingga perlu diberikan banyak informasi seputar gizi dan hidup sehat melalui penyuluhan gizi. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat pengaruh penyuluhan gizi terhadap pengetahuan gizi dan sikap hidup sehat remaja di Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 2 Sidoarjo.


Penelitian Quasi Expirement atau eksperimen semu menerapkan model perlakuan satu kelompok sebelum tes dan sesudah tes (one group pre test-post test design). Sampel penelitian adalah kelas X IPA 2 SMA Negeri 2 Sidoarjo sebanyak 37 responden. Analisis penelitian menggunakan prosentase dan uji statistik yaitu Paired Sample t –test. Prosentase untuk melihat perbandingan hasil pre test dan post test, sedangkan uji statatistik dengan menggunakan SPSS versi 16.0 digunakan untuk melihat pengaruh penyuluhan terhadap pengetahuan dan sikap responden.


Kesimpulan dari penelitian ini adalah: (1)  Penyuluhan gizi berpengaruh terhadap pengetahuan responden, terbukti t hitung -11,400 dan p 0,000 (p<0,05); (2) Penyuluhan gizi berpengaruh terhadap sikap responden, terbukti t hitung -1,827 dan p 0,000 (p<0,05).


 


Kata kunci : Remaja, Penyuluhan, pengetahuan gizi dan sikap hidup sehat


 


Teenegers is a  dynamic period in the stages of human life which is marked by various acceleration for the individual concerned, in physical development, cognitive, affective, morality and social. Teenagers with psychological conditions, easily influenced by something new, so that its needed  to require to be given a lot of information about nutrition and healthy lives through counseling nutrition. The purpose of this research is to look at the effect of nutritional education on nutrition knowledge and attitudes towards healthy living teenagers in Senior High School 2 Sidoarjo.


              Research on Quasi  Experiment apply with  treatment one group before and after the test model (one group pre test-post test design). The sampleof this research  is  X IPA 2 class in Senior High Shool 2 Sidoarjo with  37 respondents. Research analysis use  persentage of the test  and statistics are paired sample t- test. Percentage is a way to see the results of the comparison of pre test and post test, whereas the statatistic  by using SPSS version 16.0 used to see the influence of the extension of the knowledge and attitudes of respondents.


              The conclusion of this research is: (1) Counseling nutrition is affected the knowledge of respondents, proven t count -11,400 and p 0,000 ( p < 0.05 ); (2) Counseling nutrition is affected the attitudes of respondents,proven t count -1,827 and p 0,000 ( p < 0.05 )


 


Key words: Teenegers, Counseling, Nutrition knowledge and Attitudes of healthy living

Article Details

Section
Articles