PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO TUTORIAL RIAS WAJAH SEHARI HARI UNTUK MENINGKATKAN HASIL PRAKTEK KELAS X SMK NEGERI 3 KEDIRI

Authors

  • DIAH AYU WULANDARI
  • OCTAVERINA KECVARA PRITASARI

DOI:

https://doi.org/10.26740/jtr.v9n2.34267

Abstract

Abstrak Teknologi sebagai sarana penyedia kelangsungan hidup manusia dalam berkomunikasi. Tentunya dalam berkomunikasi membutuhkan obyek sebagai perantara yaitu sebuah media. Media berkaitan erat dengan dunia pendidikan memegang peranan penting sebagai penjembatan komunikasi guru dan siswa. Jurusan Kecantikan SMK Negeri 3 Kediri membutuhkan media pembelajaran yang mampu mewakili semua isi dan penjelasan materi secara bersamaan dengan membuat kondisi kelas tetap dalam keadaan kondusif. Video tutorial dimaksudkan memudahkan guru dalam keefektifan menyampaikan materi prekatek. Tujuan penelitian ini bertujuan untuk menguji kelayakan video tutorial sebagai media pembelajaran praktek rias wajah sehari-hari dan meningkatkan hasil praktek siswa kelas X SMK Negeri 3 Kediri. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif. Metode penelitian ini menggunakan Research and Development (R&D). Pengumpulan data menggunakan angket respon diberikan kepada 6 Guru Jurusan Tata Kecantikan sebagai penguji media. Hasil penelitian menunjukkan kesesuaikan tujuan dan manfaat media hasil sebsar 83,3% dengan kualifikasi sangat baik, perolehan kesesuaian materi dalam media mencapai 83,3% dengan kualifikasi sangat baik, persentase media memudahkan penerimaan materi memperoleh hasil persentase sebanyak 90% dengan kualifikasi sangat baik, persentase perolehan media membangkitkan semangat belajar sebanyak 96,6% dengan kualifikasi sangat, persentase karakteristik kesesuaian media memperoleh hasil 87% dengan kualifikasi sangat baik. Ditarik kesimpulan bahwa media video tutorial sebagai media pembelajaran pada mata pelajaran rias wajah sehar-hari untuk meningkatkan hasil praktek kelas X SMK Negeri 3 Kediri dinyatakan layak.
Kata Kunci: Media Video Tutorial, Rias Wajah Sehari Hari.

Abstract Technology as a means of providing human survival in communication. Of course, in communication requires an object as an intermediary, namely a media. The media is closely related to the world of education plays an important role as a bridge of communication between teachers and students. The Beauty Department of SMK Negeri 3 Kediri requires learning media that are able to represent all the contents and explanations of the material simultaneously by making the classroom conditions remain conducive. The tutorial video is intended to make it easier for teachers to effectively deliver practical materials. The purpose of this study aims to test the feasibility of video tutorials as a learning medium for daily makeup practice and improve the practice results of students of class X SMK Negeri 3 Kediri. This type of research is quantitative. This research method uses Research and Development (R&D). Data collection using a questionnaire response given to 6 Teachers of Beauty Department as a media examiner. The results showed that the conformity of the objectives and benefits of the media yielded 83.3% with very good qualifications, the acquisition of material suitability in the media reached 83.3% with very good qualifications, the percentage of media facilitated the receipt of material obtained a percentage of 90% with very good qualifications, the percentage of media acquisition aroused the spirit of learning as much as 96.6% with very high qualifications, the percentage of media suitability characteristics obtained 87% with very good qualifications. The conclusion was drawn that the video tutorial media as a learning medium for daily makeup subjects to improve the results of class X practice at SMK Negeri 3 Kediri was declared feasible.
Keywords: Video Tutorial Media, Daily Makeup.




Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2020-06-14

How to Cite

AYU WULANDARI, D., & KECVARA PRITASARI, O. (2020). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO TUTORIAL RIAS WAJAH SEHARI HARI UNTUK MENINGKATKAN HASIL PRAKTEK KELAS X SMK NEGERI 3 KEDIRI. Jurnal Tata Rias, 9(2). https://doi.org/10.26740/jtr.v9n2.34267

Issue

Section

Articles
Abstract views: 396 , PDF Downloads: 393

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>