VIDEO TUTORIAL SANGGUL BANGUN TULAK SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN DARING DI LEMBAGA KURSUS DAN PELATIHAN

Main Article Content

karina herawati putri
Sri Usodoningtyas
Dewi Lutfiati
Mutimmatul Faidah

Abstract

Abstrak
Pada saat ini coronavirus masih menjadi isu nasional di Indonesia. Di dunia pendidikan, intensitas proses
pembelajaran secara tatap muka tentu saja berkurang dibanding sebelum adanya pandemi. Lembaga pelatihan dan
kursus merupakan satuan pendidikan non formal yang memberikan pengetahuan, pengembangan diri, keterampilan
dan kecakapan kerja sebagai bekal urntuk bekerja, mengembangkan profesi maupun membuka usaha mandiri. Karena
terbatasanya jam pembelajaran sehingga pertemuan tatap muka difokuskan untuk pembelajaran praktek. Maka
dibutuhkan media pembelajaran yang dapat membantu penyampaian materi secara teoritik. Tujuan dari penelitian ini
untuk menghasilkan media pembelajaran berbentuk video tutorial sanggul bangun tulak serta untuk mengetahui
kelayakan video tutorial sanggul bangun tulak sebagai media pembelajaran di lembaga kursus dan pelatihan. Metode
yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan teknik pengumpulan data observasi responden melalui lembar
observasi. Dari hasil perhitunngan melalui analisa deskriptif, menunjukan aspek materi mendapat hasil presentase
92,3% dan aspek media mendapat hasil presentase 92,3% dengan kategori kelayakan yaitu sangat layak. Hal ini
berarti video tutorial sanggul bangun tulak tersebut telah layak dijadikan sebagai media pembelajaran di lembaga
kursus dan pelatihan.
Kata Kunci : video tutorial, bangun tulak, lembaga kursus dan pelatihan

Article Details

Section
Articles