ANALISIS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP PENGUASAAN KOGNITIF DAN PSIKOMOTORIK PEMANGKASAN RAMBUT DASAR PADA SISWA SMK NEGERI 3 KEDIRI

Main Article Content

Nadhiya Prita Nurdhianita Fitri
Arita Puspitorini
Octaverina Pritasari
mutimmatul Faidah

Abstract

Abstrak
Rendahnya penguasaan siswa terhadap materi dan keterampilan siswa rendah pada saat melakukan praktik
pemangkasan rambut dasar, disebabkan karena penerapan model pembelajaran pada kegiatan belajar mengajar
yang kurang tepat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada perbedaan penguasaan kognitif dan
psikomotorik siswa sebelum dan sesudah dilakukan penerapan sintak model pembelajaran Problem Based
Learning (PBL) pemangkasan rambut dasar pada siswa SMK Negeri 3 Kediri. Jenis penelitian ini merupakan
penelitian pre-eksperimental design jenis One Group Pretest-Posttest Design. Subyek penelitiannya adalah 32
siswa dari kelas XI KC 2 SMK Negeri 3 Kediri. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan
tes hasil belajar secara kognitif melalui pretest dan posttest, tes hasil belajar secara psikomotorik melalui tes
kinerja, observasi dengan lembar observasi keterlaksanaan sintak model pembelajaran Problem based
Learning (PBL), dan respon siswa dengan mengisi lembar angket. Berdasarkan hasil penelitian pada
pengukuran keterlaksanaan sintak model pembelajaran PBL ada peningkatan sebesar 0,07, dari pengukuran
hasil belajar secara kognitif hasil uji paired sample t-test ialah nilai Sig. (2-tailed) 0,000 < 0,05 dan H0 ditolak
yang artinya ada perbedaan hasil belajar siswa secara kognitif setelah diterapkannya model pembelajaran PBL,
dari pengukuran hasil belajar siswa secara psikomotor melalui tes kinerja nilai rata-rata yang diperoleh sebesar
82,7 yang artinya lebih dari nilai KKM yaitu 78, dan respon siswa dapat dikategorikan dalam kategori sangat
baik mulai dari aspek 1 hingga aspek 6. Sehingga dapat disimpulkan model pembelajaran PBL ialah model
pembelajaran efektif untuk mengoptimalkan hasil belajar dan kemampuan psikomotor siswa.
Kata Kunci: Penerapan Problem Based Learning (PBL), Pemangkasan Rambut Dasar.

Article Details

Section
Articles