PENERAPAN VIDEO PEMBELAJARAN PADA ELEMEN SANITASI BIDANG KECANTIKAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SMKN 1 SOOKO MOJOKERTO

Main Article Content

Millah Qoyyimah
Nia Kusstianti
Dewi Lutfiati
mutimmatul Faidah

Abstract

Abstrak
Penilitian ini memiliki tujuan guna mengetahui 1) hasil validasi, 2) keterlaksanaan penerapan video, 3) hasil
belajar siswa, dan 4) respon siswa dalam penerapan video sebagai media pembelajaran sanitasi di bidang
kecantikan. Jenis penelitian yang dipakai yakni pre-experimental design tipe one group pretest-posttest.
Variabel bebas di penelitian ini yakni media pembelajaran berbasis video. Variabel terikat yang digunakan
yaitu hasil belajar. Variabel kontrol yang digunakan meliputi materi sanitasi di bidang kecantikan, guru, dan
lamanya tatap muka. Subyek pada penelitian ini adalah siswa kelas X TKKR SMKN 1 Sooko yang memiliki
jumlah siswa 30 siswa. Teknik sampling yang dipakai di penelitian ini ialah Non-Probability Sampling
menggunakan jenis Teknik Sampel Jenuh. Analisis data yang diterapkan pada penelitian ini yakni uji paired
sample t-test untuk meganalisis hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) video sebagai media
pengajaran sanitasi di bidang kecantikan di SMK Negeri 1 Sooko Mojokerto dari aspek materi memperoleh
nilai 89%, aspek media 90%, dan aspek bahasa 88% secara menyeluruh ada dalam kriteria sangat layak (2)
rata-rata keseluruhan keterlaksanaan penerapan media video yakni 100% atau berkategori sangat baik (3)
ada perbedaan ketercapaian tujuan pembelajaran 69% menjadi 81% dan didapatkan nilai thitung (12.363) >
ttabel (2.045) (3) rata-rata nilai respon siswa secara keseluruhan sebesar 94% dengan kriteria sangat layak.
Hasil ini menunjukkan jika penerapan video sebagai media pembelajaran sanitasi di bidang kecantikan
terhadap hasil belajar siswa SMKN 1 Sooko Mojokerto sangat layak sehingga menunjang hasil belajar serta
mendapat respon yang sangat baik dari peserta didik.
Kata Kunci: Video, Sanitasi, Hasil Belajar, Respon Siswa

Article Details

Section
Articles