PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PERAWATAN KULIT KEPALA DAN RAMBUT (CREAMBATH) DI SMKN 1 SOOKO MOJOKERTO

Main Article Content

Salsabila Auliaputri Prasetyo
Octaverina Kecvara Pritasari
Biyan Yesi Wilujeng
Nieke andina wijaya

Abstract

Model pembelajaran PBL yaitu pembelajaran yang digunakan untuk membentangkan kemampuan siswa
untuk pemecahan pada sebuah masalah materi Creambath. Tujuan studi adalah 1) Mengetahui terlaksananya
sintaks model pembelajaran PBL 2) Untuk mengetahui hasil belajar siswa kelas 10 TKKR di SMKN 1 Sooko
mojokerto 3) Mengetahui respon siswa tentang model PBL tentang Creambath. Jenis studi yang digunakan
yakni pre-eksperimental design. Kemudian, desain studi menggunakan one group pre-posttest design.
Subyek studi menggunakan peserta didik kelas 10 TKKR SMKN 1 Sooko Mojokerto sebanyak 30 orang.
Teknik pengumpulan data memakai teknik pengamatan, test, dan kuesioner. Teknik analisis data memakai
uji normalitas data, uji-t berpasangan, dan uji-t satu arah. Hasil riset menunjukkan bahwa 1) Terlaksananya
sintak PBL pada bagian kegiatan pembuka, kegiatan inti, dan kegiatan penutup terlaksana dengan kriteria
sangat baik 2) Ketuntasan hasil belajar siswa dengan pre-posttest pada ranah kognitif memiliki signifikansi
(2-tailed) 0,000 < 0,05 yang artinya memiliki kenaikan nilai antara pre-test dan post-test. Kemudian, pada
ranah psikomotor memiliki signifikan (2-tailed) 0,000 < 0,05 yang artinya hasil belajar siswa mencapai
berada di atas test value yang telah ditentukan. Lalu, pada ranah afektif diketahui hasil rata-rata 96,1%
dengan kualifikasi sangat apik 3) Respon siswa terhadap pembelajaran menggunakan model PBL
memperoleh rata-rata hasil 97,6% dengan kualifikasi sangat baik. Berdasarkan hasil studi dapat disimpulkan
yakni hasil belajar memperlihatkan rata-rata hasil dengan kriteria sempurna sesudah diberikan perlakuan
model pembelajaran PBL dalam materi perawatan kulit kepala dan rambut (Creambath) di kelas X-TKKR
SMKN 1 Sooko Mojokerto.
Kata Kunci: Model Pembelajaran, PBL, Hasil Belajar, Respon Siswa.

Article Details

Section
Articles