PENGEMBANGAN VIDEO TUTORIAL SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN DARING PADA KOMPETENSI RIAS WAJAH KOREKTIF
DOI:
https://doi.org/10.26740/jtr.v11n1.44402Abstract
abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan video tutorial sebagai media pembelajaran daring
pada kompetensi rias wajah korektif. Tata rias wajah korektif adalah kegiatan merias wajah dengan
melakukan koreksi untuk menyamarkan bentuk-bentuk atau bagian wajah yang dirasa kurang
sempurna, juga menonjolkan bagian-bagian yang sudah sempurna dengan memberi teknik shading
(bayangan gelap) dan tinting (bayangan terang). Pengembangan pada penelitian ini menggunakan
metode penelitian Research and Development (R&D) oleh Borg and Gall yang ada dalam buku
Sugiyono dengan tiga langkah penyederhanaan metode penelitian yang dilakukan peneliti yaitu: (1)
Tahap studi pendahuluan, dengan melakukan penelitian mengenai pembelajaran daring dan
mengumpulkan sumber materi yang terkait (2) Tahap pengembangan media, yaitu menyusun
storyboard, membuat video tutorial, dan editing video (3) Tahap validasi, adalah tahap uji kelayakan
yang dinilai oleh ahli media, ahli materi, dan ahli pembelajar atau guru SMK dengan tiga aspek
penilaian yaitu aspek pembelajaran, aspek media, dan aspek kelayakan media. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa video tutorial sebagai media pembelajaran pada kompetensi rias wajah korektif
dengan tingkat penilaian pada aspek pembelajaran diperoleh presentase sebesar 79% dan berada pada
kategori layak, penilaian pada aspek media diperoleh presentase 82,8% berada pada kategori sangat
layak, penilaian pada aspek kelayakan media diperoleh presentase 80,6% dan berada pada kategori
layak. Hasil rata-rata dari ketiga aspek penilaian diperoleh presentase sebesar 80,8% berada pada
kategori layak.
Kata kunci: Media pembelajaran, Video tutorial, Rias wajah korektif
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Abstract views: 276
,
PDF Downloads: 353




