PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA KOMPETENSI DASAR PENGERITINGAN RAMBUT DASAR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI SMK IKIP SURABAYA

Main Article Content

Lintang Ayu Robi’atul ‘Auliya
dewi lutfiati
Arita Puspitorini
biyan yesi wilujeng

Abstract

Kegiatan pembelajaran berdasarkan hasil wawancara dengan guru terkait dan observasi langsung, menunjukkan hasil belajar siswa yang kurang dari standart ketuntasan minimum pada kompetensi dasar pengeritingan rambut dasar. Model pembelajaran yang salah bisa menjadi faktor yang berkontribusi dalam situasi ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji penerapan sintaks pembelajaran, respon siswa, aktivitas siswa dan peningkatan hasil belajar siswa setelah menerapkan model pembelajaran PBL. Penelitian ini menerapkan jenis “Pre-Experimental Design” melalui rancangan “One Group Pretest and Posttest” dengan sampel 24 siswa kelas XI TKKR SMK IKIP Surabaya. Hasil penelitian membuktikan:


(1) dengan skor 3,7, penerapan sintaks model pembelajaran PBL pada kompetensi dasar pengeritingan rambut dinilai sangat baik, (2) partisipasi siswa dalam proses belajar mengajar selama tiga kali pertemuan sangat tinggi, ditunjukkan dengan persentase sebesar 93%, (3) peningkatan hasil belajar siswa pada ranah kognitif dan psikomotor diuji menggunakan uji-t dan diperoleh thitung (14.756) > ttabel (2.068) serta thitung (8.282) > ttabel (2.068), dari kedua hasil data tersebut didapat bahwa hasil belajar siswa meningkat (4) respon siswa menunjukkan persentase 96% dengan kategori sangat baik. Hasil ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran PBL pada kompetensi dasar pengeritingan rambut dasar berlangsung dengan sangat baik sehingga meningkatkan hasil belajar siswa pada ranah kognitif dan psikomotor, serta meningkatkan antusiasme dan respon siswa dalam belajar.


Kata Kunci: Problem Based Learning, Hasil Belajar, Pengeritingan Rambut Dasar.

Article Details

Section
Articles