MEDIA dan STEREOTYPE GENDER (Analisis Wacana pada Rubrik "Oh Mama Oh Papa" Majalah Kartini)

  • YAYANG DESI ARIANI
  • M. JACKY

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi bentuk-bentuk stereotype pada perempuan dalam rubrik “Oh Mama Oh Papa”. Penelitian ini bersifat kualitatif denganmetode analisis wacana Sara Mills. Analisis wacana merupakan suatu analisis yang membongkar makna atau pesan yang tersembunyi dalam teks. Pengumpulan data dilakukan dengan akses secara online dan offline. Analisis data menggunakan analisis wacana Mills yang menekankan pada persoalan penggambaran perempuan pada teks dan bagaimana aktor diposisikan dalam teks. Dari hasil penelitian ini diketahui bahwa terdapat tiga bentuk stereotype pada perempuan, yaitu stereotype sifat, stereotype status dan stereotype peran. Stereotype sifat yang sering muncul pada rubrik adalah perempuan cantik, perempuan tidak berdaya, penakut, mudah terpengaruh dan menangis saat menghadapi suatu permasalahan.Kedua yaitu stereotype status, dalam hal ini perempuan dilihat dari status pekerjaan maupun status dalam rumah tangga. Status perempuan dalam pekerjaan ditempatkan pada posisi staf administrasi dan pegawai bank. Terakhir yaitu stereotype peran, perempuan dilihat dari bagaimana perannya dalam mengurus rumah tangganya. Pembaca memiliki posisi integral dalam keseluruhan wacana, yang artinya penulis tidak hanya menganggap keberadaan pembaca namun juga memperimbangkan keberadaan pembaca dalam tulisannya. Penulis rubrik menggunakan kata ganti “aku” untuk menceritakan bagaimana peristiwa yang dialaminya. Secara tidak langsung, penulis menganggap keberadaan pembaca dalam tulisannya. Keberadaan pembaca dipertimbangkan dalam suatu wacana karena dapat menarik simpati dan dukungan serta untuk meyakinkan pembaca.

Kata kunci : Media, Majalah, Stereotype Gender, Perempuan

Abstract

This study aims to identify stereotyped forms for women in the rubric "Oh Mama Oh Papa". This research is qualitative with the Sara Mills discourse analysis method. Discourse analysis is an analysis that uncovers the meaning or message hidden in the text. Data collection is done by accessing online and offline. Data analysis uses Mills discourse analysis that emphasizes the problem of portraying women in the text and how actors are positioned in the text. From the results of this study it is known that there are three stereotypes in women, namely the stereotypes of nature, stereotypes of status and role stereotypes. Characteristic stereotypes that often appear in rubrics are beautiful women, women are helpless, timid, easily influenced and cry when facing a problem.Secondly is the stereotype of status, in this case women are seen from their job status and status in the household. The status of women in employment is placed in the position of administrative staff and bank employees. Finally, the role stereotype, women are seen from their role in managing their household. The reader has an integral position in the whole discourse, which means the writer not only considers the existence of the reader but also considers the existence of the reader in his writing. The rubric writer uses the pronoun "I" to tell how he experienced it. Indirectly, the author considers the existence of the reader in his writing. The existence of the reader is considered in a discourse because it can attract sympathy and support and to convince the reader.

Keywords: Media, Magazine, Gender Stereotypes, Women

Published
2018-11-01
How to Cite
DESI ARIANI, Y., & JACKY, M. (2018). MEDIA dan STEREOTYPE GENDER (Analisis Wacana pada Rubrik "Oh Mama Oh Papa" Majalah Kartini). Paradigma, 6(3). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/paradigma/article/view/25915
Section
Articles
Abstract Views: 107
PDF Downloads: 59