PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI PROGRAM BINA LINGKUNGAN CSR PT. ASTRA INTERNATIONAL TBK (Studi Perubahan Lingkungan Kumuh menjadi Lingkungan Hijau di Kampung Berseri Surabaya)

  • NIA RAHMANINGRUM
  • M. JACKY

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan program bina lingkungan, faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan program serta perubahan sosial, ekonomi dan lingkungan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Subjek penelitian berjumlah tujuh orang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data melalui observasi, indepth interview dan dokumentasi. Pemikiran Everett M.Rogers tentang perubahan digunakan sebagai pisau bedah analisis. Hasil penelitian menunjukkan adanya keberhasilan dalam mewujudkan kondisi lingkungan yang hijau dan asri. Peran maksimal dalam aspek lingkungan melalui kegiatan penghijauan, pengelolaan IPAL, menyediakan sumber air bersih serta mendirikan produksi rumah kompos. Peran kurang maksimal dari CSR Astra dalam aspek kesehatan karena warga binaan sudah mendapat kontribusi maksimal dari Puskesmas dan Posyandu Keputih. Kendala pelaksanaan bina lingkungan karena menurunya antusiasme warga serta kurangnya koordinasi antara stakeholders. Faktor pendukung dan penghambat keberhasilan program ditentukan oleh partisipasi warga serta adanya top management dalam pengelolaan. Perubahan dalam pilar pendidikan meliputi pembangunan “Rumah Pintar” sebagai pusat pelatihan dan keterampilan seni kriya, pusat bermain anak, sentra komputer serta sentra audio visual. Peran CSR Astra dalam bidang kewirausahaan kurang maksimal karena berfokus pada pengemasan dan pemasaran produk. Perubahan dalam bidang lingkungan menunjukan hasil paling maksimal melalui pengelolaan sampah terpadu, pembibitan tanaman produktif dan pembuatan Water Treatment Plant (WTP) guna memenuhi kebutuhan warga akan air bersih.

Kata Kunci : Bina lingkungan, Perubahan masyarakat, PT.Astra International Tbk

Published
2020-06-17
How to Cite
RAHMANINGRUM, N., & JACKY, M. (2020). PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI PROGRAM BINA LINGKUNGAN CSR PT. ASTRA INTERNATIONAL TBK (Studi Perubahan Lingkungan Kumuh menjadi Lingkungan Hijau di Kampung Berseri Surabaya). Paradigma, 8(2). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/paradigma/article/view/34434
Section
Articles
Abstract Views: 196
PDF Downloads: 304