PELAYANAN PUBLIK DI BIDANG KESEHATAN

  • HIMELDA PUTRI SUPARDI
  • M. JACKY

Abstract

Abstrak

Penelitian ini berangkat dari wacana pemerintah mengenai program BPJS Kesehatan. Adanya program kesehatan ini bertujuan supaya mempermudah masyarakat dalam mengakses kesehatan. Namun pada realitanya masih terdapat perbedaan pelayanan yang diterima oleh pasien pengguna BPJS Kesehatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kuasa pengetahuan pasien mengenai pelayanan yang mereka terima. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif perspektif post modern Michael Fucault dengan teknis analisis discourse. Lokasi dari penelitian ini berada di RSU Dr. Wahidin Sudiro Husodo Mojokerto. Subjek penelitian ini adalah pasien BPJS Non PBI, menggunakan sampling aksidenal, dengan teknik pengumpulan data wawancara dan observasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa masyarakat pengguna BPJS Kesehatan memberikan statement. masih kurangnya tingkat pelayanan yang diberikan oleh pihak BPJS Kesehatan mulai dari lamanya waktu tunggu, obat-obatan yang tersedia, dan sistem rujukan yang mempersulit pasien BPJS. Statement yang didapatkan kebanyakan dari pengalaman pasien BPJS sendiri selama berobat menggunakan kartu BPJS Kesehatan.

Kata Kunci: Kuasa Pengetahuan, Pelayanan BPJS Kesehatan

Published
2019-07-29
How to Cite
PUTRI SUPARDI, H., & JACKY, M. (2019). PELAYANAN PUBLIK DI BIDANG KESEHATAN. Paradigma, 7(3). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/paradigma/article/view/29748
Section
Articles
Abstract Views: 527
PDF Downloads: 276