MANAJEMEN KESAN MAHASISWA PENGGUNA INSTAGRAM PADA AKUN INSTAGRAM KOMUNITAS UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA SEBAGAI AJANG PENUNJUKAN EKSISTENSI DIRI

  • MARDIKA AYUWIDAYANTI
  • M. JACKY

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengidentifikasi jargon file dan manajemen kesan yang dilakukan oleh mahasiswa Unesa sebagai pengguna Instagram pada akun komunitas Unesa dalam menunjukan eksistensi diri. Penelitian ini menggunakan metode Online Research Method(ORMs), berjenis kualitatif Online/Web 2.0 dari M. Jacky (2012) dengan prespektif teori manajemen kesan Erving Goffman. Subjek dalam penelitian ini adalah akun Instagram mahasiswa Unesa yang masuk dalam akun komunitas Unesa dengan kriteria yang telah ditentukan. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini diperoleh dari internet dengan mengamati secara online. Analisis dilakukan dengan analisis hacking (2012) dan dikaji dengan teori manajemen kesan Erving Goffman. Hasil dari penelitian ini adalah unsur setting, penampilan dan juga gaya (manner) menjadi sebuah kekuatan untuk melakukan manajemen kesan. identifikasi Manajemen kesan dalam penelitian ini adalah kesan smart people, kesan kekinian, kesan islmai, dan kesan sebagai seorang fotografer, Sedangkan fitur-fitur dalam Instagram dimanfaatkan untuk memperoleh dan menunjukan eksistensi diri.

Kata Kunci : Mahasiswa, Manajemen kesan, Kualitatif online


Published
2019-07-09
How to Cite
AYUWIDAYANTI, M., & JACKY, M. (2019). MANAJEMEN KESAN MAHASISWA PENGGUNA INSTAGRAM PADA AKUN INSTAGRAM KOMUNITAS UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA SEBAGAI AJANG PENUNJUKAN EKSISTENSI DIRI. Paradigma, 7(3). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/paradigma/article/view/28983
Section
Articles
Abstract Views: 37
PDF Downloads: 218