RESISTENSI DISIPLIN SEKOLAH

  • ALFIRA TRI EMALIA
  • FARID PRIBADI

Abstract

Penelitian ini berangkat dari kasus pendisiplinan yang terjadi disekolah SMK YPM 1 Taman Sidoarjo, dengan sekolah yang memiliki tata tertib dan pendisiplinan yang baik tetapi terdapat siswa yang melanggar peraturan. Penelitian ini meneliti bagaimana resistensi kedisiplinan antara siswa dan guru di SMK YPM 1 Taman Sidoarjo, dengan tujuan untuk menganalisis resistensi yang ada terkait dengan tata tertib, serta resistensi antara guru dan siswa. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dianalisis dengan teori resistensi dari James C Scott. Lokasi dari penelitian ini berada di SMK YPM 1 Taman Sidoarjo. Subjek penelitian adalah guru dan siswa, menggunakan purposive sampling, dengan teknik pengumpulan data wawaacara dan observasi. Hasil dari penelitian ini, mulai dari resistensi terbuka seperti protes kepada guru, tidur dikelas, membantah, sedangkan yang tertutub lebih banyak lagi seperti, tindik, membolos, minum-minuman keras, meorkok, memberikn julukan pada guru, memberikan coretan pada guru di kamar mandi.

Kata kunci: Kedisiplinan, Resistensi, Sekolah.




Published
2019-06-27
How to Cite
TRI EMALIA, A., & PRIBADI, F. (2019). RESISTENSI DISIPLIN SEKOLAH. Paradigma, 7(2). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/paradigma/article/view/28488
Section
Articles
Abstract Views: 59
PDF Downloads: 60